32 WARGA INDIA LANGSUNG DIDEPORTASI

Sebanyak 32 warga negara asing asal India, langsung dideportasi petugas imigrasi Bandara Seokarno-Hatta, setibanya di Indonesia
32 WARGA INDIA LANGSUNG DIDEPORTASI
Kondisi di terminal 3 bandara Soetta

JAKARTA-Sebanyak 32 warga negara asing asal India, langsung dideportasi petugas imigrasi Bandara Seokarno-Hatta, setibanya di Indonesia. Ke-32 warga negara India ini tidak memiliki tujuan yang jelas masuk Indonesia.

Warga India yang dideportasi petugas tiba melalui terminal 3 Bandara Seotta Cengkareng, Minggu (25/4). Namun, belum sempat keluar bandara, ke-32 warga asing ini diperiksa petugas kemudian dideportasi ke negaranya. Tindakan tegas petugas imigrasi ini, sesuai aturan yang dikeluarkan pemerintah tentang larangan masuk warga negara India ke Indonesia.

Sementara itu, warga negara Indonesia yang memiliki riwayat perjalanan dari India wajib menjalani karantina. Petugas menetapkan masa karantina 14 hari bagi mereka yang baru tiba dari India. Petugas juga mewajibkan menjalani test PCR dua kali. Warga negara asing lain, juga wajib menjalani dua kali test PCR jika sempat mampir di India.

Angka kematian di India akibat virus corona terus melonjak. Pemerintah India bahkan sempat melakukan kremasi massal karena kurangnya persediaan obat dan oksigen. Akibatnya banyak warga India eksodus ke sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Selain Indonesia, sejumlah negara yang juga menolak kedatangan warga negara India masuk ke negaranya seperti Inggris, Amerika Serikat, Hongkong, Singapura, Irak dan Pakistan. Inggris yang juga menjadi penyuplai vaksin untuk negara India, menerapkan aturan larangan masuk warga India ke negaranya.

Indonesia siaga eksodus warga India dan menetapkan larangan masuk bagi mereka. Langkah pemerintah ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona yang dibawa warga negara asing dari luar Indonesia. (tim)