34 NAPITER UCAP SUMPAH DAN JANJI SETIA NKRI

34 narapidana teroris (napiter) dari 56 napiter di rumah tahanan Gunung Sindur, Bogor-Jawa Barat mengucap sunpah dan ikrar janji setia kepada NKRI.

34 NAPITER UCAP SUMPAH DAN JANJI SETIA NKRI
Salah seorang napiter cium bendera merah putih

JAWA BARAT-Setidaknya 34 narapidana teroris (napiter) dari 56 napiter di rumah tahanan Gunung Sindur, Bogor-Jawa Barat mengucap sunpah dan ikrar janji setia kepada NKRI. Masih tersisa 22 napiter lagi yang belum bersedia mengucapkan sumpah dan ikrar kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sumpah dan ikrar setia 34 napiter ini disaksikan kemenkumham Bogor. Mengucap sumpah dan ikrar bagi napiter tidaklah mudah. Pemikiran dan kesadaran napiter berbeda-beda. Karena itu masih tersisa 22 napiter lagi yang belum menyatakan kesiapan mengucapkan sumpah. Ke 34 napiter yang mengucapkan sumpah dan ikrar seluruhnya laki-laki.

Kepala Kemenkumham, Sujonggo, belum sadarnya napiter lain mengikuti jejak rekannya bukan persoalan yang mudah. Daya nalar dan cara berpikir masing-masing berbeda beda. "Pidananya beda, nalarnya beda, pemikiran beda. Dan pesannya, jangan sampai terulang lagi. Karena merasa diasingi warga, tidak dapat makan kemudian balik lagi jadi teroris. Nah jangan sampai begitu," terang Sujonggo.

Sumpah dan ikrar setia 34 napaiter ini nantinya akan dijadikan dasar pemberian remisi. Terlepas dari itu, dari sisa 22 napiter lain yang belum mengucap sumpah, kemenkumham tetap melakukan pengamanan ekstra ketat. Di rumah tahanan gundung sindur masih dihuni 22 narapidana teroris. (tim)