70 JUTA WARGA SELESAI DI VAKSIN

70 juta warga Indonesia diharapkan sudah bisa selesai divaksin Juli nanti.

70 JUTA WARGA SELESAI DI VAKSIN
Presiden Joko Widodo

JAKARTA-Presiden Joko Widodo, menargetkan 70 juta warga Indonesia diharapkan sudah bisa selesai di vaksin Juli nanti. Satgas covid-19 mencatat tingkat kesembuhan warga terpapar covid-19 mencapai 99,5 persen.

Jokowi mengingatkan masyarakat tidak kendor mejaga protokol kesehatan. Walaupun program vaksin terus dilakukan namun protokol kesehatan harus tetap dijaga. "Nanti kurve-nya akan terlihat, berapa tingkat penurunan penyebaran virus ini dengan semakin kita gencarkan vaksin. Saya harapkan bulan Juli nanti 70 juta warga negara Indonesia sudah divaksin," tegas Jokowi.

Data vaksin warga Indonesia hingga saat ini mencapai 10 juta lebih. Vaksin akan dilakukan lebih masif lagi seiring dengan ketersediaan vaksin. Vaksin astrazeneca sudah digunakan di Bali dan Sulawesi. Sejauh ini belum ditemukan dampak pengunaan vaksin astrazeneca seperti yang beredar selama ini.

Diantara polemik yang mengemuka terkait vaksin buatan Inggris ini karena dianggap mengandung babi dan menyebabkan pembekuan darah. Namun dua persoalan yang mengundang polemik ini sudah dibantah dan diklarifikasi. MUI juga merekomendasikan penggunaan vaksin ini dengan predikat halal.

Jokowi optimis target vaksin 70 juta warga hingga Juli nanti bisa terealisasi. Sikap optimis Jokowi didukung oleh ketersediaan vaksin dan sumber daya manusia yang ada. Jokowi mengingatkan pemerintah daerah di tanah air, mengajak dan mensosialisasikan pentingnya penggunaan vaksin dan menjaga protokol kesehatan. "Kita harus segera bebas dari pandemi ini. Caranya ya harus disiplin menjaga protokol kesehatan walaupun sudah di vaksin," ajak Jokowi. (tim)