AWAL RAMADHAN 1442 H DITETAPKAN 13 APRIL BESOK

Hasil sidang isbat kementerian agama RI menetapkan awal Ramadhan 1442 H ditetapkan hari Selasa

AWAL RAMADHAN 1442 H DITETAPKAN 13 APRIL BESOK
Sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1442 H

 

JAKARTA-Hasil sidang isbat kementerian agama RI menetapkan awal Ramadhan 1442 H ditetapkan hari Selasa 13 April 2021. Hilal dinyatakan dilihat oleh 13 orang. Tidak ada perbedaan dan perdebatan dari perwakilan ormas Islam dalam sidang isbat yang digelar kementerian agama RI. Organisasi Islam, Muhamadiyah sebelumnya sudah menetapkan 1 Ramadhan 1442 H besok tanggal 13 April 2021.

Penentuan 1 Ramadhan ditentukan berdasarkan metode hisab dan hilal. Metode hisab dihitung berdasarkan ilmu pengetahuan dengan menghitung pergerakan bulan. Di sisi lain, dilakukan dengan menentukan hilal oleh rukyatul hilal. Sampai saat ini pemantauan hilal masih dilakukan di sejumlah titik di Indonesia. Salah satunya dilakukan di pantai Ancol-Jakarta.

Di Makassar-Sulawesi Selatan pamantauan hilal juga dilakukan pihak berwenang. Hilal sebenarnya sudah bisa dilihat 10 menit sebelum matahari terbenam. Dari sumber pemantauan hilal menyebut hilal tidak bisa dilihat karena tertutup awan. Artinya hilal tidak terlihat di Makassar.

Perubahan kondisi langit di sejumlah titik menyebabkan hilal tidak bisa terlihat. Pihak-pihak yang tidak bisa melihat hilal akan diserahkan kepada hasil sidang isbat kementerian agama. Hilal di salah satu titik sempat terlihat seperti di pantai Ancol hingga 3 derajat. Hilal tanpak 3 derajat ini sebenarnya sudah bisa menentukan bulan baru.

Pemantauan hilal sampai saat ini masih di lakukan di wilayah Indonesia Barat seperti daerah Blitar, Gersik dan lainnya. Secara nasional kementerian agama RI melakukan pantauan hilal di 86 titik. Setelah melakukan rekapitulasi, kementerian agama melakukan presentasi keterwakilan pemantauan hilal. Dan ditetapkan 1 Ramadhan Selasa 13 April 2021. (tim)