BMKG : WASPADA POTENSI BIBIT SIKLON TROPIS 94W

BMKG : WASPADA POTENSI BIBIT SIKLON TROPIS 94W
Potensi bibit siklon tropis 94W di sekitar Indonesia

JAKARTA-BNPB meminta 30 provinsi di tanah air meningkatkan kewaspadaan terkait potensi bibit siklon tropis 94W. Waspada potensi bibit siklon tropis ini sekaligus menjadi peringatan dini terjadinya bencana alam.

Peringatan dini ini dikeluarkan menyusul penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang munculnya potensi bibit siklon tropis 94W. Peringatan dini ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan langkah-langkah kesiap siagaan bencana alam.

"Dengan potensi bibit siklon tropis 94W ini, kepala daerah kami minta meningkatkan kewaspadaan. Khususnya daerah yang sudah direkomendasikan oleh BNPB. Daerah juga kami minta sosialisasikan di daerah masing-masing terkait kemungkinan terjadinya bencana banjir, banjir bandang, tanah longsor dan puting beliung," terang Kepala Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan, kepada wartawan.

Bibit siklon teopis 94W berpotensi menimbulkan hujan lebat disertai petir, gelombang tinggi serta angin kencang di sebagian wilayah Indonesia Tengah dan Timur. Potensi bibit siklon 94W dapat mempengaruhi sebagian wilayah Sulawesi, Kalimantan, Maluku hingga Papua Barat. Serta berpotensi menimbulkan gelombang tinggi 4-6 meter di Samudra Pasifik Utara Papua.

Peringatan dini ini juga disampaikan kepada nelayan dan pelaku usaha agar tetap waspada tentang potensi bencana di sejumlah daerah. Provinsi Sulawesi Utara sudah mengingatkan seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk bersiap-siap jika benar-benar terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Di daeràh Bekasi, sebelumnya diguyur hujan es disertai angin kencang. Warga diminta waspada hujan lebat disertai angin kencang akan terjadi beberapa hari ke depan.

Beberapa daerah lain di Indonesia juga diminta mewaspadai munculnya gelombang tinggi dan menyebabkan banjir rob. Khusus untuk nelayan dan pelayaran diminta waspada dan tidak melaut atau berlayar jika sewaktu waktu terjadi gelombang tinggi disertai badai angin kencang. (tim)