BUNDA NIKEN BUKA LOMBOK FOOD FESTIVAL

Ide ini seiring dengan program kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif menuju ekonomi bangkit di tengah pandemi covid-19.
BUNDA NIKEN BUKA LOMBOK FOOD FESTIVAL
Bunda Niken di sela-sela agenda pembukaan Lombok Food Festival NTB

MATARAM--Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, Selasa (20/4), membuka Lombok Food Fe8stival 2021 di Epicentrum Mall Function Hall Mataram. Ide ini seiring dengan program kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif menuju ekonomi bangkit di tengah pandemi covid-19.

Kegiatan yang digagas Lombok Womenpreneur Club
(LWC) ini merupakan langkah konkrit mempromosikan produk UMKM lokal buatan dan kreasi wanita-wanita enterpreneur. Muaranya wanita enterpreneur ini dapat bersaing dan diserap pasar lokal dan nasional.

Bunda Niken mengingatkan pentingnya semua pihak mendorong kemajuan UMKM lokal. Sebab menurut Bunda Niken, UMKM menjadi salah satu sektor yang sangat diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat dan penyerapan tenaga kerja di NTB, terlebih dimasa pandemi Covid-19.

"Maka peran dan penguatan pelaku usaha untuk memperkenalkan dan menghasilkan produknya bisa terus diberdayakan," pesan Bunda Niken.

Demikian juga dengan peran perempuan, lanjutnya, keberadaan Lombok Womenpreneur Club (LWC) sebagai wadah para pengusaha lokal yang terdiri dari wanita muda inovatif dan kreatif dapat mengangkat citra UMKM lokal agar mampu berdaya saing.

Bunda Niken yang notabene menjadi Ketua Dekranasda NTB yakin, kelompok ibu muda yang tergabung dalam LCW ini dapat menciptakan produk seperti kuliner yang disukai konsumen dan dikenal karena memiliki cita rasa yang khas NTB.

"Kami akan terus mendukung langkah dan upaya yang dilakukan oleh UMKM lokal untuk mengangkat nama NTB," tutupnya.


Sementara Pimpinan LWC, Indah Purwati menjelaskan bahwa LWC merupakan komunitas bisnis yang anggotanya terdiri dari perempuan-perempuan se-NTB.

Dijelaskannya, bahwa fokus LWC adalah belajar tentang bisnis. Mulai dari belajar untuk menghasilkan produk usaha, sosialisasi hingga cara memasarkan produk.

Salah satu program yang menarik adalah member for member (MM). Kita saling berinteraksi di sosial media, terutama instagram sebagai wadah untuk berjualan dan saling mempromosikan usaha. Demikian juga di Whatsapp Group.

"Jadi WA grup maupun IG kita isinya promosi produk dan usaha para anggota," ucapnya.

Kegiatan hari ini, lanjutnya merupakan bazar produk kuliner produk anggota yang terdiri dari UMKM. Mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner modern hasil olahan dan inovasi dan kreatifitas para UMKM.

Kebetulan dalam kegiatan ini, dikemas dengan acara bazar atau pameran hasil usaha anggota  berupa kuliner dan berbagai kegiatan lain yang akan berlangsung dari tanggal 21 April hingga 3 Mei 2021, jam 16.00-22.00 Wita.

"Insya Allah setiap tahun kita adakan acara yang sama, mengingat 70 persen anggota, usahanya dikuliner, 15 persen fashion, sisanya umum, seperti craft, kecantikan dan lain-lain," tutupnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Ketua TPP. Kota Mataram, Ketua TP.PKK Kabupaten Lombok Barat, Ketua TP. PKK Lombok Tengah, Ketua Persit Dandim Lombok Barat dan para pengusaha perempuan yan tergabung dalam LWC. (tim)