HEAT THE ENGINE MENUJU PILKADA SERENTAK 2024

Beberapa figur sejak dini mulai melakukan 'pemanasan mesin' (heat the engine). Berikut sejumlah figur di NTB.....

HEAT THE ENGINE MENUJU PILKADA SERENTAK 2024
Ilustrasi berebut kursi NTB - 1

MATARAM-Pilkada serentak untuk provonsi dan kabupaten/kota baru akan digelar 2024 secara nasional. Beberapa figur sejak dini mulai melakukan 'pemanasan mesin' (heat the engine). Berikut sejumlah figur di NTB yang disebut-sebut akan maju bertarung.

Figur calon pemimpin yang namanya berhembus di publik NTB ada nama M. Sukisman Azmy, Siti Rohmi Djalilah, Suhaili FT dan Bambang Kristiono alias HBK. Nama figur dan politisi ini disebut sebagai calon kuat yang akan bertarung di pilkada NTB 2024 nanti. Meski masih terhitung cukup lama, namun figur calon pemimpin ini tanpak mulai lakukan pemanasan mesin.

Uniknya nama Gubernur NTB, Zulkiflimansyah, tidak disebut-sebut masuk dalam bursa calon gubernur NTB periode berikutnya. Informasi yang beredar di masyarakat pendiri Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) ini akan mencari posisi lain di pusat. Namun perihal informasi yang beredar ini belum dikonfirmasi langsung ke DR Zul (sapaan akrab Gubernur NTB).

Sejumlah lembaga survey juga mulai melakukan pendekatan ke calon pemimpin daerah di NTB ini. Langkah awal lembaga survey ini adalah melakukan penjajakan awal dan pemetaan calon pemilih. Survey awal ini menurut kalangan lembaga survey sudah harus dilakukan mulai sekarang.

"Melihat agenda pilkada serentak 2024 nanti, provinsi dan kabaupaten/kota di NTB akan berlangsung serentak. Tentu kalau menunggu di tahun terdekat pilkada, para calon akan kesulitan melakukan pendekatan. Saat ini waktunya cukup tepat. Setidaknya dicicil dari sekarang," ujar salah satu pengelola lembaga survey, Darwan.

Pencalonan figur pemimpin yang kini mempunyai jabatan di pemerintah, lanjutnya, mungkin tidak terlalu sulit dikenal masyarakat. Namun tetap perlu melakukan sosialisasi program yang janji kampanyenya dulu. Tidak menutup kemungkinan figur calon pendatang baru justru mempunyai peluang lebih besar untuk menang. (01)