JOKOWI INSTRUKSIKAN TEMPUH LANGKAH TANGGAP DARURAT UNTUK KORBAN GEMPA JATIM

JAKARTA-Presiden RI, Joko Widodo, menginstruksikan para menteri, TNI-Polri dan BPBD, terkait penanganan korban gempa Malang-Jawa Timur. Apa saja.....

JOKOWI INSTRUKSIKAN TEMPUH LANGKAH DARURAT UNTUK KORBAN GEMPA JATIM
Rumah warga nyaris roboh akibat gempa Malang
 

JAKARTA-Presiden RI, Joko Widodo, menginstruksikan para menteri, TNI-Polri dan BPBD, terkait penanganan korban gempa Malang-Jawa Timur. Presiden meminta jajarannya menempuh langkah tanggap darurat menangani korban gempa bermagnitude 6,1 SR.

Gempa yang mengguncang Jawa Timur, Sabtu (10/4) lalu menimbulkan kerusakan disejumlah tempat. Gempa berskala 6,1 SR ini juga sebabkan puluhan warga Jawa Timur meninggal dunia, luka berat dan luka ringan. BPBD Jawa Timur menempuh langkah cepat warga terdampaka gempa yang berpusat di Malang tersebut.

Dari istana Presiden Jokowi mengeluarkan instruksi kepada jajarannya, menteri sosial, menteri kesehatan, menteri PUPR, Panaglima TNI dan Mabes Polri, BNPB, Basarnas dan jajaran terkait, menempuh langkah tanggap darurat. Jokowi meminta agar segera mencari, menemukan dan mengevakuasi korban gempa dan secepatnya melakukan pemulihan dan perbaikan dampak yang ditimbulkan gempa Jawa Timur. Jokowi juga menyampaikan rasa bela sungkawa kepada korban bencana gempa bumi di wilayah Jawa Timur.

Gempa Jawa Timur, yang terjadi Sabtu pekan lalu menimbulkan kerusakan dan korban jiwa di sejumlah wilayah di Jawa Timur. BMKG mengingatkan untuk tetap waspada karena bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Bencana gempa dapat menimbulkan bencana alam lain seperti tanah longsor. Selain gempa bumi Jawa Timur, pemerintah juga tengah fokus menangani korban bencana alam lain di NTT dan NTB. (tim)