KAPAL SELAM KRI NENGGALA HILANG KONTAK DI LAUT BALI

Kapal selam KRI Nenggala hilang kontak di perairan laut Bali saat akan menggelar latihan. Belum diketahui pasti, penyebab hilangnya kapal selam yang d
KAPAL SELAM KRI NENGGALA HILANG KONTAK DI LAUT BALI
KRI Nenggala yang hilang kontak di laut Bali

DENPASAR-Kapal selam KRI Nenggala hilang kontak di perairan laut Bali saat akan menggelar latihan. Belum diketahui pasti, penyebab hilangnya kapal selam yang diketahui sangat strategis menjadi alat pemukul sistem persenjataan ini.

Dikatakan pengamat militer, Onnie Rahakundini Bakrie, kapal selam KRI Nenggala buatan pemerintah Jerman tahun 1977 dan diboyong ke Indonesia tahun 1981. Alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang tergolong tua ini butuh perawatan secara periodik jika ingin tetap berfungsi baik. "Perawatan menjadi unsur paling penting. Modernisasi alutsista juga sangat penting. Seperti yang dikatakan presiden Jokowi, Indonesia akan menjadi poros maritim dunia," papar Onnie kepada salah satu media nasional di Jakarta.

Ditambahkan Onnie, kehadiran KRI Nenggala di sistem persenjataan TNI berfungsi sebagai alat pemukul yang penting dengan fungsi kapal perang yang strategis. Masih ada harapan KRI Nenggala akan baik-baik saja. Setelah hilang kontak, balon udara KRI Nenggala belum muncul di permukaan laut sebagai tanda bahaya kapal selam ini.

Kapal selam KRI Nenggala, sebelum hilang kontak sempat melakukan dua kali maintenance (perawatan) beberapa bulan terakhir. Menurut Onnie, KRI Nenggala sempat bermasalah di bagian torpedo dan sistem naik-turun kapal selam. "Saya harap KRI Nenggala baik-baik saja dan segera bisa ditemukan," ujar Onnie penuh harap.

KRI Nenggala keluar dari galangannya Rabu (21/4) sekitar pukul 14.00 wib sebelum dinyatakan hilang kontak beberapa jam kemudian. Pencarian alutsista ini sudah dilakukan melalui pemantauan udara. Pencarian akan dilanjutkan kembali hari ini dengan menerjunkan penyelam TNI Angkatan Laut. (tim)