KEREN, PERPANJANG SIM BISA LEWAT HP

Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo menepati janjinya saat fit and propertest
KEREN, PERPANJANG SIM BISA LEWAT HP
Langkah perpanjangan SIM secara online

MATARAM-Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo menepati janjinya saat fit and propertest mengubah sistem perpanjangan SIM online. Perpanjangan SIM kini bisa dilakukan lewat handphone.

Warga Mataram kini bisa perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) menggunakan smartphone. Sebelumnya pengguna smartphone terlebih dahulu mengunduh aplikasinya di playstore. Namanya SINAR, (SIM nasional Presisi). Setelah melalui Psikotest dan kesehatan, SIM sudah bisa diperoleh dengan cara langsung diambil ke kantor Polres terdekat, melalui perwakilan atau dikirim menggunakan jasa ojek onlone.

Teknologi perpanjangan SIM online ini dimaksudkan untuk menghindari antrian dan kerumunan di tengah pandemi. Cara ini juga dinilai efektif untuk beradaptasi di era new normal ďi tengah pandemi covid-19.

Launcing penggunaan aplikasi SINAR, dilakukan Kapolri Sigit Listyo di Mabes Polri dan diikuti secara virtual di seluruh kepolisian daerah di Indonesia. Termasuk kepolisian daerah NTB. Untuk wilayah hukum NTB, perpanjangan SIM melalui aplikasi SINAR baru bisa terlaksana di kepolisian resort kota Mataram dan Lombok Barat. Perpanjangan SIM melalui aplikasi SINAR ini juga hanya melayani perpanjangan SIM A dan C.

Kapolri Sigit Listyo, mengaku, ke depan aplikasi ini juga akan melayani warga untuk pelayanan STNK secara online. Menurutnya, pelayanan perpanjangan SIM secara manual hanya mampu melayani 3.000 orang per bulan. Dengan layanan online, ini target layanan dapat ditingkatkan mulai 250 ribu sampai 1 juta layanan. (01)