KUCING-KUCINGAN WNA ASAL INDIA MASUK INDONESIA

Larangan masuk warga negara India ke Indonesia, sepertinya tidak sepenuhnya dipahami warga India. Terbukti setelah larangan masuk diberlakukan, masih
KUCING-KUCINGAN WNA ASAL INDIA MASUK INDONESIA
Jakarta atensi masuknya warga asing asal India

JAKARTA-Larangan masuk warga negara India ke Indonesia, sepertinya tidak sepenuhnya dipahami warga India. Terbukti setelah larangan masuk diberlakukan, masih banyak warga India yang terlanjur tiba di Indonesia. Bahkan beberapa diantara mereka kucing-kucingan menghindari pemeriksaan petugas.

Puluhan warga asal India, masih berusaha masuk ke Indonesia. Pintu kedatangan internasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta, mencatat puluhan warga India tetap antusias masuk ke Indonesia. Seluruh warga India ini kemudian menjalani test swab. 12 diantaranya dinyatakan positif covid-19. Selanjutnya ke 12 warga negara India ini digiring masuk rumah sakit karantina.

Warga negara India lain, meski menunjukkan hasil swab negatif, tetap diarahkan untuk di karantina. Wakil Gubernur DKI, Reza Patria, menyatakan tidak memberi ijin tinggal sementara bagi warga asing asal India. Hal ini sesuai dengan aturan larangan warga India masuk Indonesia pasca terjadi gelombang tsunami covid-19 di India. Reza juga tegas akan menindak warga India yang coba main kucing-kucingan.

Seyogyanya, sudah tidak ada lagi warga negara asing asal India yang masuk ke Indonesia. Pemerintah secara tegas melarang masuk warga India ke tanah air untuk menekan penyebaran virus corona dari luar Indonesia. India mendapat perhatian penuh menyusul kasus positif covid meningkat tajam dalam sepekan terakhir.

Indonesia, sebagai negara yang cukup berhasil menekan tingkat penyebaran covid-19 harus tetap waspada. Berkaca dari kasus di India, sebelumnya India sudah berada di titik terendah covid setelah sukses menjalankan program vaksin. Namun kasus covid meledak lagi karena abai prokes. Pemerintah tidak boleh abai, setelah program vaksinasi mulai membaik patroli dan sosialisasi prokes harus tetap aktif dan dipastikan tetap berjalan. (tim)