MENDAGRI : KALAU MAU MUDIK TIDAK MASALAH

perihal mudik lebaran di NTB, Mendagri Tito Karnavian tidak terlalu mempersoalkan. Tito melihat luas wilayah pulau Lombok atau Sumbawa relatif tidak t

MENDAGRI : KALAU MAU MUDIK TIDAK MASALAH
Bersatu kita kuat membangun untuk rakyat

MATARAM-Menyinggung perihal mudik lebaran di NTB, Mendagri Tito Karnavian tidak terlalu mempersoalkan. Tito melihat luas wilayah pulau Lombok atau Sumbawa relatif tidak terlalu luas. Mobilisasi penduduk di NTB juga tidak terlalu padat jika dibandingkan dengan daerah lain di tanah air.

"Kalau melihat kondisi wilayah, relatif tidak terlalu luas ya. Mobilisasi warganya juga tidak terlalu padat. Apalagi penduduknya tidak sebanyak di pulau Jawa. Kalau hanya dari Mataram pulang ke Lombok Timur atau Lombok Utara tidak masalah," ungkap Tito di sela-sela kunjungan kerjanya di Mataram-NTB.

Dalam arahannya di depan kepala OPD lingkup Pemrov NTB,  Mendagri beberapa kali memuji  Provinsi NTB. Mulai dari alamnya yang indah dan pasangan birokrasi (Gubernur-Wagub) yang menurutnya sangat jarang di Indonesia. "Jarang saya menemukan pasangan kepala daerah dengan strata pendidikan doktor, hanya di NTB. Luar biasa," puji Mendagri sembari mengajak tamu undangan bertepuk tangan.

Suasana dan keadaan NTB ini, lanjut Tito, sangat nyaman dan tentram. Gubernur yang selalu dekat dengan bawahan dan masyarakat dan selalu merangkul siapa saja. Saya mendengar dari Kapolda NTB, bahwa Gubernur Zul sosok yang frendly dan humanis.

Sebelumnya, pernyataan Gubernur NTB, Dr Zulkiflimansyah, sempat trending dengan mengijinkan warga mudik pasca pemerintah pusat menetapkan aturan larangan mudik. Beberapa hari kemudian, gubernur menyampaikan klarifikasi maksudnya mengijinkan mudik itu hanya untuk wilayah NTB saja. "Iya waktu itu saya sedang ngobrol dengan wartawan. Saya pikir tidak akan jadi seperti itu. Tetapi NTB kan kecil dan mobilitas penduduknya juga tidak terlalu padat," ucap Dr Zul--sapaan akrab gubernur--ketika itu.

Masih dalam kesempatan yang sama, gubernur Zulkieflimansyah mengapresiasi kunjungan Menteri Dalam Negeri, untuk memperkuat silaturahmi dan pembinaan terhadap lingkungan kerja pemrov NTB.

Menurutnya, apa yang disampaikan Mendagri tadi sudah komprehensif. Termasuk NTB perlu lebih banyak mendatangkan investor untuk membuka lapangan pekerjaan di NTB. "Kita tidak hanya mengandalkan APBD untuk pembangunan namun jalan dan usaha lain harus terus dibangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkas Dr Zul. (tim)