PELUANG UJICOBA MOTO GP MANDALIKA AKHIR 2021

PELUANG UJICOBA MOTO GP MANDALIKA AKHIR 2021
Dorna sports dan FIM saat lakukan inspeksi ke Mandalika

 

MATARAM-Kabar perihal batalnya digelar seri MotoGP tahun 2021 di sirkuit Mandalika, Lombok-Tengah, NTB, cukup membuat publik Lombok kecewa. Dorna sports dan FIM, berencana menggelar balapan di sirkuit Mandalika untuk seri MotoGP Maret 2022. Walaupun ditunda, publik Lombok Sumbawa tidak perlu kecewa karena masih bisa menyaksikan ujicoba sirkuit kebanggaan warga NTB ini akhir tahun 2021 ini.

Progres 70 persen pembangunan sirkuit Mandalika sangat diapresiasi Dorna Sports dan FIM usai melakukan inspeksi lapangan 6 April lalu. Peluang seri MotoGP dapat digelar Oktober jika pembangunan arena balap ini bisa tuntas Juli. Itu pun masih harus menunggu kondisi pandemi di dunia dan Indonesia. Usai meninggalkan Lombok, Dorna Sports dan FIM mengkonfirmasi kembali, rencana balapan MotoGP di sirkuit Mandalika tahun ini diundur Maret 2022. "Kita berharap, tidak ada lagi hambatan berarti agar agenda MotoGP di Mandalika tidak ditunda lagi," harap pegiat pariwisata nasional, Taufan Rahmadi, Minggu (11/4).

Ketua MPR, Bambang Susatya dan wakil menteri BUMN, Kartika Wiryoatmodjo, ikut mendampingi dorna sports dan FiM melakukan inspeksi lapangan. Kartika menyebut sirkuit Mandalika memang masih berproses. Selain menunggu penyelesaian pembangunan berikut fasilitas pendukungnya, kondisi dunia yang dilanda pandemi covid-19 juga sangat memberi pengaruh. Walaupun tertunda pemerintah tetap men-support agar gelaran MotoGP di Mandalika terlaksana. Namun, keamanan dan penyebaran covid-19 di tanah air, khususnya Lombok harus kondusif.

"Kita terus berjuang dan bersabar. Walaupun ditunda tapi semua berjalan lancar dan aman. Tidak ada hambatan dan kita bisa lebih siap," ungkap Kartika kepada pers.

Soal jadi tidaknya MotoGP digelar, lanjut Kartika, dorna sports masih harus bicara lagi dengan pemerintah. Yang jelas pemerintah mempunyai kewajiban menyelesaikan seluruh pembangunan infrastruktur sirkuit. (01)