SATGAS : BALI, PENYUMBANG ZONA MERAH TERBANYAK

Bali menjadi penyumbang zona merah terbanyak di tanah air.

SATGAS : BALI, PENYUMBANG ZONA MERAH TERBANYAK
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno
 

JAKARTA-Juru bicara satgas covid-19, dalam keterangannya kepada wartawan menyatakan Bali menjadi penyumbang zona merah terbanyak di tanah air. Desakan kepada pemerintah daerah dan kemenparekraf pun muncul untuk mencari solusi mengembalikan Bali ke zona hijau.

Zona merah di Provinsi Bali meliputi Kota Denpasar, Kabupaten Buleleng, Gianyar, Badung dan Kabupaten Tabanan. Status zona merah dikhawatirkan menghambat pemulihan Bali di tengah pandemi covid-19. Bali diharapkan segera pulih dari covid dan ditarget siap dikinjungi wisatawan mancanegara 17 Agustus mendatang.

Issue ini bisa berdampak terhadap rencana percepatan Travel Corridor Arrangement yang akan dilaksanakan. Hal ini sekaligus menjadi tantangan Kemenparekraf menjadikan Bali aman dikunjungi wisatawan asing. Bali menjadi prioritas pemulihan pariwisata nasional karena provinsi yang dijuluki Pulau Dewata ini merupakan barometer pariwisata dan pemulihan ekonomi Indonesia.

Berdasarkan keterangan satgas Covid 19 bahwa hingga 11 April, tidak ada kabupaten kota di pulau Jawa yang masuk katagori zona merah. Hal ini bertolak belakang dengan Bali. Provinsi dengan pergerakan penduduk lebih sedikit, wisatawanpun masih sedikit, justru menjadi daerah tertinggi zona merahnya.

Dihubungi terpisah, Pegiat dan pengamat pariwisata nasional, Taufan Rahmadi, mendesak pemerintah secepatnya memberlakukan Travel Corridor Arrangement (TAC). "Masyarakat Bali dan pemerintah daerah setempat juga harus bersama-sama berbenah. Jangan sampai ada aturan tapi diterapkan secara maksimal," saran pegiat pariwisata yang akrab disapa TR ini. (tim)