SEKUAT APA VAKSIN MAMPU MELAWAN VIRUS COVID-19?

70 juta ter-vaksin tuntas bulan Juli mendatang. Namun tidak banyak yang tahu sekuat apa vaksin ini mampu bekerja melawan virus covid-19 ini?
SEKUAT APA VAKSIN MAMPU MELAWAN VIRUS COVID-19?
Vaksin antibody untuk antisipasi penyebaran covid-19

JAKARTA-Program vaksinasi pemerintah Joko Widodo, tak lama lagi ditargetkan akan tembus di angka 70 juta. Sesuai yang ditargetkan Jokowi, capaian angka 70 juta ter-vaksin tuntas bulan Juli mendatang. Namun tidak banyak yang tahu sekuat apa vaksin ini mampu bekerja melawan virus covid-19 ini?

Pakar Imunisasi, Elizabeth Jane Soepardi, dalam satu kesempatan wawancara dengan media, mengatakan, vaksin yang disuntikkan ke warga seharusnya mampu bertahan maksimal 1 tahun dan minimal 5 bulan. Antibody yang sudah disuntikkan dalam program vaksinasi pemerintah saat ini diperkirakan mampu bertahan maksimal 6 bulan.

"Kalau vaksin yang dianggap tingkat keberhasilannya 65 persen, antibody itu minimal mampu bertahan 5 bulan. Maksimal kita harapkan satu tahun. Ini sedang kita teliti terus," harap Elizabeth.

Elizabeth percaya, budaya pakai masker cukup maksimal. Namun, bukan berarti penyebaran virus ini sudah aman. Masalahnya budaya pakai masker itu hanya di luar rumah. Di dalam rumah masker tidak dipakai. Masalahnya, kita tidak tahu anggota keluarga yang keluar rumah itu terpapar covid-19. Jika anggota keluarga berkumpul di rumah sering kali tidak menjaga jarak.

"Masalahnya orang yang keluar rumah bisa terpapar atau tertular. Kalau tertular dan tidak memakai masker atau tidak menjaga jarak di dalam rumah, yang lain bisa tertular.

Langkah pencegahan paling efektif saran Elizabeth, gunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir dengan diaiplin. Namun hal paling penting adalah jaga jarak. Intinya menjaga protokol kesehatan adalah 'harga mati' mencegah meluasnya penyebaran covid-19. (tim)