STOP! WARGA NEGARA INDIA DILARANG MASUK INDONESIA

Untuk sementara, warga negara India dilarang masuk Indonesia. Visa untuk warga India ke Indonesia sudah di stop sejak Kamis siang (22/4)
STOP! WARGA NEGARA INDIA DILARANG MASUK INDONESIA
Stop covid-19 masuk dari India

JAKARTA-Untuk sementara, warga negara India dilarang masuk Indonesia. Visa untuk warga India ke Indonesia sudah di stop sejak Kamis siang (22/4). Minat warga negara India ke Indonesia meningkat setelah dilanda gelombang tsunami covid-19.

Dari catatan imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta Cengakreng, hingga Kamis kemarin 129 warga negara India masuk ke Indonesia. Indonesia menempuh kebijakan menghentikan pemberian visa kunjungan warga negara India ke Indonesia. Tujuannya mencegah nasuknya virus covid-19 dan varian baru covid masuk ke Indonesia. Tingginya minat warga negara India ke Indonesia diduga bertujuan untuk menghindari terpapar covid-19.

Selebihnya, sejak terjadi lonjakan kasus covid-19 di India, pemerintah setempat memberlakukan lockdown nasional. Dalam sepekan lonjakan kasus terpapar covid-19 di India mencapai 218 ribu lebih. Inilah yang mendorong pemerintah India menerapkan lockdown nasional. Akibatnya minat warga India ke Indonesia meningkat.

Perihal di-stop-nya pemberian sementara visa bagi warga negara India, disampaikan Dirjen Imigrasi, Djoni Ginting di Jakarta. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi eksodus warga negara India masuk ke Indonesia.

India dilanda gelombang tsunami covid-19 setelah perayaan festival kumbh mela di Sungai Gangga India. Dalam festival warga India abai prokes dengan tidak mengenakan masker dan tidak menjaga jarak. Abai prokes di India diduga terjadi setelah ada penurunan kurva penyebaran virus covid-19 di negara itu. (tim)