EMPAT WARGA KEDARO, DIRAPID ANTIGEN USAI KONTAK PASIEN POSITIF COVID-19

penelusuran empat warga Dusun Lendang Guar, Desa Kedaro, Kecamatan Sekotong-Lombok Barat usai kontak dengan pasien positif covid-19.
EMPAT WARGA KEDARO, DIRAPID ANTIGEN USAI KONTAK PASIEN POSITIF COVID-19
Penelusuran tim gabungan terhadap warga yang kontak warga positif covid-19

SEKOTONG, kataberita.net - Tim gabungan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Skala Mikro (PPKM) Lombok Barat-NTB melakukan penelusuran empat warga Dusun Lendang Guar, Desa Kedaro, Kecamatan Sekotong-Lombok Barat usai kontak dengan pasien positif covid-19.

Penelusuran kontak erat (tracing) pasien positif Covid-19 dilakukan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus covid-19. Kapolsek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta, mengatakan trecing dilakukan terhadap empat orang yang kontak erat dengan salah satu pasien positif covid-19 belum lama ini. “Kami dari Tim PPKM Skala Mikro dan Kampung Sehat Jilid II, langsung mendatangi keluarga pasien,” ungkapnya.

Menurutnya, langkah ini sebagai upaya kepolisian membantu pemda dalam percepatan penanganan Covid-19. “Tim yang terdiri dari Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Kedaro, bersama Petugas lab dan Tim UPT Puskesmas Pelangan dan Tim PPKM Desa Kedaro langsung turun di lokasi, memeriksa empat orang yang diduga kontak erat dengan pasien,” jelasnya.

Terhadap empat orang tersebut dilakukan tindakan melakukan tes covid-19 (testing) oleh tim dari UPT Puskesmas Pelangan, dengan melakukan rapid test antigen. “Jadi bila hasil testing ada yang positif, maka langkah selanjutnya langsung akan dilakukan perawatan pada pasien covid-19 (treatment), dan seperti itulah rangkaiannya,” katanya.

Setelah menunggu beberapa saat, ke empat orang kontak erat tersebut akhirnya dinyatakan negatif, dan sebagai tindaklanjut tim kemudian memberikan multivitamin. “Walaupun hasilnya di nyatakan negative, kepada keluarga pasien diharapkan tetap mematuhi protokol Kesehatan, dengan berpedoman kepada 5M,” imbaunya.

Kapolsek menegaskan, upaya Testing, Tracing, dan Treatment ini adalah salah satu upaya utama penanganan covid-19, dengan tetap berpedoman kepada protokol kesehatan 5M. (02)