GILI TRAWANGAN DAN SEMBALUN, REKOMENDASI OBYEK WISATA AMAN DI TENGAH PANDEMI

Dua objek wisata jadi rekomendasi berwisata paling aman dan nyaman di tengah pandemi covid-19. Dua kawasan, bubble 'Gili Trawangan' Island dan bubble

GILI TRAWANGAN DAN SEMBALUN, REKOMENDASI OBYEK WISATA AMAN DI TENGAH PANDEMI
Menparekraf, Sandiaga Uno bersama Gubernur NTB, Zulkiflimansyah di puncak bukit Sembalun

MATARAM-Sudah jenuh diam di rumah? Meski pandemi masih berlangsung, berwisata ke objek wisata Gili Trawangan atau kawasan Sembalun masih aman untuk dikunjungi. Dua objek wisata jadi rekomendasi berwisata paling aman dan nyaman di tengah pandemi covid-19. Dua kawasan, bubble 'Gili Trawangan' Island dan bubble 'Sembalun' destination termasuk dalam zona aman covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S Uno, belum lama ini mengunjungi dua kawasan aman berwisata di tengah pandemi ini. Sandiaga memastikan kawasan Gili Trawangan sebagai kawasan green zone (zona hijau) dan zero cases (nol kasus covid-19). "Kita tahu Gili Trawangan ini daerah zero cases dan termasuk green zone. Saya minta semua pihak menjaga kondisi ini agar pariwisata dan ekonomi kita cepat pulih," pesan Sandiaga di depan pelaku industri pariwisata dan pers.

Selain Gili Trawangan, Sandiaga juga mengunjungi kawasan Sembalun. Desa di kaki gunung Rinjani dengan suasana sejuk nan indah. Desa dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak, menjadikan kawasan ini bebas dari covid-19. Zona hijau dan bebas dari covid-19. Sandiaga berkali-kali melepaskan kata-kata kagum saat berada di ketinggian bukit Sembalun memandang lukisan alam Tuhan Yang Maha Esa. "Ini luar biasa. Indah sekali," sebut Sandiaga berdecak kagum.

Bubble island dan bubble destination

Gili Trawangan tidak lama lagi akan ditetapkan sebagai kawasan aman berwisata 'bubble island' dan kawasan Sembalun sebagai 'bubble destination'. Evaluasi akan dilakukan beberapa pekan ke depan untuk memastikan warga dan pelaku pariwisata di dua kawasan ini komitmen menjaga objek wisata ini tetap aman dari pengaruh covid-19. Sandiaga bahkan sempat menikmati pantai Gili Trawangan yang terlihat sangat bersih. Setelah cukup lama tidak dikunjungi wisatawan kawasan gili tanpak seperti masih perawan. "Saya tergoda untuk berenang di pantai Gili Trawangan. Wow indah sekali," ungkap Sandiaga bangga sembari mengajak semua pihak menjaga dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Adalah pemerhati pariwisata, Taufan Rahmadi, yang mencetuskan ide agar dua kawasan ini diberi label, bubble island dan bubble destination ini. Menurut Taufan Rahmadi, dalam waktu dekat akan muncul lagi bubble-bubble yang lain entah itu bubble village atau bubble destination yang lain. "Yang penting tetap dijaga dan yakinkan wisatawan bahwa destinasi itu aman dari pengaruh covid-19," tegas pemerhati yang akrab disapa TR ini.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, yang ditemui Minggu (9/5) berencana akan melakukan evaluasi dan survey di sejumlah obyek wisata. Survey kecil-kecilan ini dimaksudkan untuk memastikan beberapa obyek wisata lain di NTB aman dikunjungi di masa pandemi ini. "Kami yakin masih banyak destinasi yang aman untuk dikunjungi di masa pandemi ini. Survey ini akan menjadi jawaban untuk membuat paket wisata yang aman dan nyaman tanpa ada rasa khawatir selama pandemi," pungkas Yusron. (01)