LUAR BIASA, VAKSINASI DI LEMBAR TETAP DIKEBUT

Polsek Lembar tetap berkomitmen kuat menyelesaikan program vaksinasi. Vaksinasi di Lembar tetap dikebut.
LUAR BIASA, VAKSINASI DI LEMBAR TETAP DIKEBUT
Petugas jemput lansia yang akan divaksin dalam program vaksinasi di kecamatan Lembar

LEMBAR, kataberita.net - Luar biasa. Itulah kata yang pas untuk jajaran kepolisian polsek Lembar. Meski sangat sibuk dengan berbagai aktivitas penyekatan, pengamanan obyek wisata dan kegiatan kedinasan lain, namun Polsek Lembar tetap berkomitmen kuat menyelesaikan program vaksinasi. Vaksinasi di Lembar tetap dikebut.

Hingga minggu kemarin, jajaran kepolisian sektor Lembar masih disibukkan dengan urusan pengamanan obyek wisata di libur lebaran tupat. Namun, personil kepolisian sektor Lembar tetap menjalankan program vaksinasi di kecamatan Lembar, Lombok Barat-NTB.

Kapolsek Lembar-Polres Lombok Barat, Iptu Boy Ari Purnomo menegaskan kali ini vaksinasi lansia dilaksanakan di Dusun Batu rimpang utara Desa Jembatan kembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (21/5). “Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Sinovac ini merupakan Tahap I dan II, yang dilaksanakan oleh UPT BLUD Puskesmas Jembatan Kembar untuk kelompok lansia,” ungkapnya.

Kapolsek menegasan, walaupun masih dalam suasana padatnya kegiatan masyarakat selama libur lebaran, jadwal vaksinasi tetap dilaksanakan. “Tetap dikebut, sesuai dengan apa yang telah direncanakan dalam Program Lomba Kampung Sehat Jilid II, dalam menuntaskan vaksinasi lansia,” katanya.

Dalam Lomba kampung Sehat II, yang dinisiasi oleh kapolda NTB ini, di wilayah Lembar berhasil melakukan vaksinasi terhadap 30 orang, terdiri dari 17 orang menerima vaksin dosis pertama, sedangkan 13 lainnya menerima dosis kedua. “Awalnya menyasar kepada 50 orang, yang berhasil divaksinasi 30 orang, sedangkan 20 orang lainnya mengalami penundaan,” ujarnya.

Kegiatan vaksinasi mengacu pada standar prosedur yang telah ditetapkan. Diawali dengan melakukan sterilisasi ruangan dilanjutkan dengan proses regristrasi. “Dilakukan screaning pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah serta diagnosis penyakit yang diderita seperti jantung, diabetes dan ginjal guna memastikan keamanan dalam vaksinasi Covid-19,” imbuhnya.

Setelah vaksinasi, maka dilakukan observasi selama 30 menit, kemudian diberikan kartu tanda telah melaksanakan vaksinasi Covid 19 sesuai dengan aplikasi screening. “Untuk Jumlah Vaksin Covid -19 produksi sinovac di UPT BLUD Puskemas Jembatan Kembar, sebanyak 11 Vial, terpakai 3 vial, sisa hari ini sebanyak 8 Vial,” tukasnya.

Sisa vaksin tersebut, disimpan ditempat khusus gudang obat-obatan di Puskesmas Jembatan Kembar Kec. Lembar Kab. Lobar dengan suhu dibawah 8 derajat celsius.
“Karena sudah sesuai dengan Jadwal, jadi bagaimanapun situasinya, ini tetap kita kebut, sehingga kegiatan vaksinasi bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan,” tandasnya. (tim)