PANTAU POS PENGAMANAN LEBARAN, INI PESAN DR ZUL

Dr Zul--sapaan akrabnya, ingin memastikan kondisi penerapan protokol kesehatan dan situasi keamanan jelang lebaran terkendali.
PANTAU POS PENGAMANAN LEBARAN, INI PESAN DR ZUL
Inspeksi Gubernur Zulkiflimansyah bersama forum pimpinan daerah di salah satu titik di Mataram

MATARAM-Gubernur NTB, Dr Zulkiflimansyah didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meng-inspeksi sejumlah lokasi rawan kerumunan di Mataram dan sekitarnya, Sabtu (8/5). Dr Zul--sapaan akrabnya, ingin memastikan kondisi penerapan protokol kesehatan dan situasi keamanan jelang lebaran terkendali.

Titik-titik pantau yang dianggap rentan diantaranya dan beberapa titik di Kota Mataram. Dr Zul berharap masyarakat tetap disiplin hingga kondisi pandemi covid-19 ini benar-benar kondusif dan normal kembali seperti semula. "Mudah- mudahan kita semua tetap disiplin agar Idul Fitri menyenangkan bagi kita semua", ujar Gubernur Zulkiflimansyah.

Menurutnya, euforia menjelang lebaran adalah hal yang alamiah. Petugas di pos penjagaan adalah harus sigap memastikan dan memberikan penjelasan maupun membubarkan jika ada hal yang melanggar protokol kesehatan maupun pencegahan tindak kejahatan. Terkait mudik, Gubernur mengatakan aturan pusat sudah jelas melarang sampai di dalam daerah. Masyarakat harus bersikap bijak demi keselamatan bersama.

Sementara itu, Kapolda NTB, Muhammad Iqbal, menjelaskan prosedur dan aturan di tempat umum sudah jelas. Yakni mengurangi kapasitas hingga 50 persen. Selain itu, Satgas Covid 19 dari masing masing institusi termasuk pengelola tempat umum terus menerus berpatroli mulai dari memberikan himbauan sampai dengan membagikan masker dan melakukan tindakan tegas yang diperlukan. "Intinya protokol kesehatan dan keselamatan masyarakat itu nomor satu", tegasnya.

Dalam kunjungan keliling menggunakan sepeda listrik tersebut, Gubernur dan Forkopimda berdialog dengan petugas di pos pengamanan dan memberikan bingkisan. Diingatkan untuk tetap melakukan persiapan dan mengkondisikan situasi agar antisipasi lebih dikedepankan namun juga menjaga kesehatan diri sendiri. (tim)