PETUGAS TEGUR PELANGGAR PROKES DENGAN CARA HUMANIS

Polres Lombok Barat-NTB, memilih cara humanis menegur pelanggar protokol kesehatan (prokes) dan pelanggar lalu lintas.
PETUGAS TEGUR PELANGGAR PROKES DENGAN CARA HUMANIS
Penyekatan menuju obyek wisata pantai Induk di kawasan Gerung

GERUNG, kataberita.net - Polres Lombok Barat-NTB, memilih cara humanis menegur pelanggar protokol kesehatan (prokes) dan pelanggar lalu lintas. Meski dilakukan dengan cara humanis, namun tetap mengedepankan sikap tegas mengingatkan pelanggar.

Aparat jajaran Polres Lombok Barat sekuat tenaga memaksimalkan pengamanan dan penyekatan kegiatan masyarakat, yang akan berwisata ke sejumlah obyek wisata di wilayah Gerung dan sekitarnya, Sabtu (15/5). Obyek wisata yang menjadi favorit berwisata di libur lebaran kali ini, diantaranya pantai Induk Desa Taman Ayu-Gerung Kabupaten Lombok Barat.

Kapolsek Gerung AKP Syaripuddin Zohri mengatakan, walaupun mengedepankan cara humanis, namun tetap tegas mengingatkan warga yang melanggar prokes. Terlebih menyangkut keselamatan berlalulintas. “Terkait prokes tidak ada toleransi, termasuk dalam penggunaan helm untuk kendaraan roda dua, dan mobil bak terbuka yang digunakan mengangkut orang,” ungkapnya.

Syaripuddin, menegaskan, dalam kegiatan penyekatan yang dilakukan di wilayahnya, berjalan sesuai peraturan yang berlaku. Penerapan prokes yang ketat adalah harga mati dan harus di taati. “Penyekatan dengan himbauan penggunaan masker untuk pengguna jalan, sedangkan terkait tempat Wisata, himbauan surat Edaran Bupati Lombok Barat No. 800/ 165/BPBD-LB/V/2021 gencar dilakukan,” katanya.

Menurutnya, penerapan kedisiplinan mastarakat sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam pembatasan kegiatan pada bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1442 H/2021 M di masa Pandemi Covid-19. “Sedangkan bagi yang tidak mematuhi prokes, pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm, dan mobil bak terbuka digunakan mengangkut orang, langsung diputar balik,” lugasnya.

Dari hasil pemantuan dan pengamanan petugas yang dilakukan hingga pukul 18.00 wita, Kapolsek menjelaskan bahwa di obyek wisata Pantai Induk Dusun Taman Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok terpantau sepi.
“Masih terpantau landai, untuk selanjutnya fokus pengamanan pada hari minggu, untuk memastikan penerapan prokes masyarakat pada akhir pekan,” pungkasnya. (02)