PINTU MASUK JALUR LAUT LEMBAR-PADANGBAI DIPERKETAT

Penyeberangan-Lembar memperketat alur keluar-masuk orang. Ketegasan petugas ini dilakukan untuk mencegah penyebaran kasus covid-19 yang dibawa penumpa
PINTU MASUK JALUR LAUT LEMBAR-PADANGBAI DIPERKETAT
Rapid antigen salah seorang penumpang yang diambil secara acak di pelabuhan Lembar

LEMBAR, kataberita.net - Pintu masuk Lombok yang melalui jalur laut (penyeberangan Lembar-Padangbai, red) menjadi perhatian khusus satgas penanggulangan covid-19 Lombok Barat. Personal gabungan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan-Lembar memperketat alur keluar-masuk orang. Ketegasan petugas ini dilakukan untuk mencegah penyebaran kasus covid-19 yang dibawa penumpang dari luar Lombok-Sumbawa.

Untuk memastikan orang atau penumpang yang keluar-masuk Lombok aman dari covid-19, personel gabungan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Lembar, perketat pemeriksaan Surat Keterangan (Suket) rapid test, terkait keaslian dan masa berlakunya.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Polres Lombok Barar-NTB, Iptu I Made Dhrama Y.P, mengatakan pemeriksaan dilakukan terhadap satu persatu pengguna jasa penyeberangan yang baru tiba di pelabuhan Lembar. “Walaupun telah memiliki Suket Rapid Test, namun diteliti kembali terutama terkait keaslian dan masa berlakunya, bila tidak ada masalah dilanjutkan mengikuti rapid test secara random,” ungkapnya belum lama ini.

Menurutnya, segala kemungkinan bisa saja terjadi dalam perjalanan, sehingga dilakukan rapid test secara random.
Potensi terpapar selama perjalanan bisa saja terjadi, inilah dasar pertimbanagan Otoritas Penyeberangan Pelabuhan Lembar melakukan Rapid test secara random.

Bila ditemukan tidak memiliki Suket atau Kedaluwarsa, wajib sifatnya mengikuti rapid test kembali, bila tidak maka akan dikembalikan ke pelabuhan asal, sedangkan yang lengkap dilakukan secara random. “Namun bila ditemukan suket palsu, tentunya tidak ditoleransi, maka akan dilanjutkan ke ranah hukum,” tegasnya.

Pengambilan sampel rapid antigen secara random, terhadap pengguna jasa yang baru tiba dilakukan di pelabuhan Penyebrangan ASDP Lembar oleh KKP Pelabuhan Lembar. “Dalam pengamanannya, kami dari Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar, memback up penuh bersama unsur TNI,” lanjut Dharma tegas.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengetahui lebih detail hasil Pemeriksaan Rapid test antigen ataupun hasil genose yang sudah dibawa oleh pengguna jasa yang tiba. “Pengambilan sempel rapid antigen bagi pengguna jasa berjumlah sebanyak 19 orang, dengan hasil keseluruhun negatif, sehingga seluruhnya bisa melanjutkan perjalanan dengan tujuan berikutnya,” pungkasnya. (02)