SANDIAGA UNO KE DR ZUL : CIPTAKAN LEBIH BANYAK DESA WISATA SEPERTI 'KEMBANG KUNING'

Saya titip ke pak gubernur untuk menciptakan lebih banyak desa wisata seperti desa Kembang Kuning,"
SANDIAGA UNO KE DR ZUL : CIPTAKAN LEBIH BANYAK DESA WISATA SEPERTI 'KEMBANG KUNING'
Sandiaga Uno saat mengunjungi desa wisata Kembang Kuning, Lombok Timur

LOMBOK TIMUR-Menparekraf, Sandiaga Uno, apresiasi inisiatif sosiopraneur warga Desa Kembang Kuning, yang mampu membangkitkan perekonomian warga, dan mendukung saudara-saudaranya yang kurang mampu. "Saya titip ke pak gubernur untuk menciptakan lebih banyak desa wisata seperti desa Kembang Kuning," pesan Sandiaga Uno ke Gubernur NTB, Dr Zulkiflimansyah, saat mengunjungi desa wisata Kembang Kuning-Lombok Timur belum lama ini.

Pendekatan desa wisata, menurut Sandiaga Uno, dinilai cukup efektif membangkitkan ekonomi warga dan destinasi wisata pilihan untuk wisatawan. Sandiaga menyampaikan apresiasi kepada warga desa Kembang Kuning untuk inisiatif dan ide kreatif warga menciptakan ekonomi kreatif lokal. "Desa Kembang Kuning juga terus beradaptasi dengan teknologi. Dan mampu memasarkan produk-produknya secara lebih luas," ungkap Sandiaga.

Desa Kembang Kuning, pernah memenangkan predikat desa wisata terbaik tingkat nasional. Warga Desa Kembang Kuning dinilai mampu membangkitkan ekonomi warga. Produk pertanian dan usaha industri rumah tangga warga berkembang dengan adanya Badan Usaha milik desa (Bumdes). Produk lokal juga diperkenalkan melalui teknologi. Mengenalkan produk lokal warga desa Kembang Kuning sekalaigus berpromosi menjadikan desa wisata Kembang Kuning menjadi obyek wisata alternatif dikunjungi wisatawan.

"Desa Kembang Kuning cukup dinamis dan mampu membangkitkan perekonomian masysrakat, mampu membangkitkan pariwisata, membuka lapangan kerja dan mendorong ekonomi kreatif lokal. Dan yang paling saya apresiasi adalah inisiatif sociopreneur dengan membuat warung sodaqoh. Yang mampu, menyumbang untuk bersodaqoh dan yang kurang mampu membayar seikhlasnya. Salut saya....dan saya titip ke pak gubernur ciotakan lebih banyak desa wisata di Lombok Timur maupun di NTB," apresiasi Sandiaga Uno sembari mengacungkan jempolnya tanda bangga.

Desa wisata, juga sempat menarik perhatian Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, menjadikan obyek wisata utama melalui pendekatan kelompok sadar wisata (pokdarwis). Yusron berencana membuat paket perjalanan wisata dengan mengawinkan obyek wisata alam dan desa wisata. Yusron juga sepakat dengan menteri Sandiaga Uno menciptakan desa wisata lebih banyak lagi dalam usaha membangkitkan pariwisata dan ekonomi warga melalui pendekatan UMKM. (01)