SANDIAGA 'DAULAT' ATTA HALILINTAR ANDIL PROMOSIKAN LOMBOK SUMBAWA

Sandiaga langsung mendaulat ketiga artis ini membantu promosikan budaya dan ragam ekonomi kreatif Lombok Sumbawa, khususnya atraksi pacoa jara
SANDIAGA 'DAULAT' ATTA HALILINTAR ANDIL PROMOSIKAN LOMBOK SUMBAWA
Pacoa jara khas Bima yang diyakini mampu menjadi magnet kunjungan wisatawan ke Bima-NTB

BIMA, kataberita.net - Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno, ke NTB kali ketiga ini, Minggu (13/6) memberi berkah tersendiri untuk NTB. Memiliki nilai plus karena kunjungan Sandiaga ke NTB dengan membawa Atta Halilintar dan Istri, Aurel Hermansyah dan artis pendatang baru asal Bima, Rigen Rakelna. Sandiaga langsung mendaulat ketiga artis ini membantu promosikan budaya dan ragam ekonomi kreatif Lombok Sumbawa, khususnya atraksi pacoa jara (pacuan kuda) khas Bima.

Pacoa Jara mendapat perhatian khusus Sandiaga, mengisi waktu kunjungan kerjanya ke Bima-NTB. Kedatangan Sandiaga kali ini tidak sendiri. Youtuber fenomenal, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah serta Rigen Rakelna ikut serta dalam rombongan Sandiaga ke Bima. Spontan saja membuat masyarakat hingar bingar, menyambut antusias publik figur era milenial ini.

Tidak ketinggalan, Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, orang-orang nomer satu di kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu, ikut hadir mendampingi.

Mengawali kunjungan kerjanya di Bima, Sandiaga, langsung disajikan atraksi pacoa jara--sebutan lain pacuan kuda. Pacuan kuda ini menjadi menarik dan unik karena jokinya dari kalangan anak-anak. Pacoa jara ini biasa dihelat digelanggang pacuan kuda desa Panda, Kecamatan Palibelo-Kabupaten Bima.

Karena keunikannya ini, Sandiaga melihat tradisi pacuan kuda Bima sebagai potensi besar. Dapat dikembangkan sebagai daya tarik wisata. Budaya atraksi pacuan kuda Bima memiliki magnet pariwisata luar biasa. Sandiaga berjanji akan memberi perhatian lebih dalam hal pengembangan revitalisasi fasilitas, sarana dan prasarana dan memasukkan event pacuan kuda Bima ke dalam agenda event pariwisata nasional.

"Event yang di gelar empat kali setahun ini memiliki daya tarik yang cukup kuat, antusiasme masyarakat lokal, nasional bahkan mancanegara," tegas Sandiaga optimis.

Sandiaga juga 'mendaulat' Atta Halilintar, Aurel Hermansyah dan Rigen Rakelna ikut andil promosikan ragam budaya dan produk ekonomi kreatif khas NTB. "Mas Atta, Aurel dan Rigen, bantu ya. Bantu NTB promosikan ragam budaya dan atraksi unik ini serta produk ekonomi kreatif NTB lebih dikenal lagi di dalam maupun luar negeri," 'daulat' Sandiaga.

Produk-produk ekonomi kreatif, sambung Sandiaga, dan budaya yang beragam di NTB, harus terus di promosikan. Semakin dikenal maka semakin banyak wisatawan yang akan berkunjung dan tentu akan meningkatkan pendapatan masyarakat NTB khususnya Bima. (tim)