UMKM NTB BERBENAH JELANG EVENT MOTOGP MANDALIKA

Sebelum event dimulai, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) NTB pun mulai berbenah.
UMKM NTB BERBENAH JELANG EVENT MOTOGP MANDALIKA
KSP Moeldoko melihat dari dekat produk UMKM yang akan ditawarkan ke wisatawan

PRAYA, kataberita.net - Dua event besar berskala internasional, word superbike dan MotoGP akan menjadi titik balik pemulihan pariwisata NTB. Pulihnya pariwisata Lombok-Sumbawa memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah dengan julukan bumi gora ini. Sebelum event dimulai, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) NTB pun mulai berbenah.

Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, mendampingi Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko di sela-sela kunjungan kerjanya melihat secara langsung kesiapan pelaku UMKM di kawasan KEK Mandalika, Lombok Tengah dua hari terakhir.

Moeldoko ingin memastikan keberadaan Sirkuit Mandalika dapat memberi manfaat maksimal di lingkungan sekitar mega proyek sirkuit MotoGP Mandalika. Pemerintah daerah dan ITDC harus bersinergi, agar kalangan UMKM di sekitar Mandalika terakomodasi dengan baik. Dan yang paling penting komunikasi antara pelaku industri kecil dan menengah terbangun baik dengan Mandalika Grand Prix Associatio (MGPA).

“Pembangunan Sirkuit Mandalika harus memberi multiefek besar bagi masyarakat di lingkar KEK Mandalika,” kata purnawirawan TNI ini saat berdialog dengan pelaku UMKM.

Moeldoko juga meminta pemerintah daerah menyiapkan sumber daya manusia pelaku UMKM agar lebih memahami souvenir atau oleh-oleh produk lokal lainnya masuk simbol event internasional MotoGP sebagai ciri khas. Tidak saja ciri khas daerah sebagai tuan rumah, tetapi juga melekat ciri event-nya dan Indonesia secara global. Memadukan semua unsur-unsur itu sekaligus bisa menjadi alat promosi pariwisata Indonesia di mata dunia.

Pelaku UMKM, lanjut Moeldoko, harus mendapat pendampingan-pendampingan, supaya produknya punya nilai jual dan kualitas standar dunia. Termasuk dapat membaca pasar, apa yang menjadi keinginan konsumen saat hadir mengunjungi NTB pada event Internasional itu. "Apalagi pemerintah sudah menyiapkan 303 outlet untuk UMKM, termasuk fasilitas Masjid di sekitar stand untuk UMKM," imbuh Moeldoko.

Senada dengan Muldoko, Gubernur Zulkieflimansyah mengatakan kehadiran MotoGP membuat usaha mikro, kecil, dan menengah di sekitar kawasan Mandalika turut berkembang dan dapat menggerakan sektor ekonomi lokal maupun nasional. “Pemerintah provinsi terus fokus melakukan penguatan UMKM,” tutur Dr Zul--sapaan akrabnya.

Dr Zul menyebutkan terdapat lebih dari 5.000 UMKM dengan berbagai produk lokal terus berkembang dan berbenah agar dapat bersaing secara kompetitif. (tim)