PUTRI AYU MARTA TILA'AR : SAYA JATUH CINTA DENGAN PARIWISATA

Menariknya, Putri akhirnya 'terpeleset' ke dunia yang kini membuatnya makin jatuh cinta.
PUTRI AYU MARTA TILA'AR : SAYA JATUH CINTA DENGAN PARIWISATA
Ketua STP Mataram, Halus Mandala dan wisudawan terbaik, Putri Ayu Marta Tila'ar

MATARAM, kataberita.net - Berasal dari Kempo-Dompu, NTB, wisudawan terbaik S-1 Pariwisata STP Mataram, Putri Ayu Marta Tila'ar menyimpan banyak kenangan. Putri-sapaan akrabnya- 'ketiban sial' dengan perjalanan riwayat pendidikannya. Namun, setelah itu nasib baik menghampirinya. Menariknya, Putri akhirnya 'terpeleset' ke dunia yang kini membuatnya makin jatuh cinta.

"Sekarang, saya jatuh cinta dengan pariwisata," ucap Putri Ayu Marta Tila'ar usai menyandang predikat wisudawan terbaik S-1 Pariwisata dalam sidang senat terbuka STP Mataram, Sabtu (25/9) lalu.

Usai tamat Sekolah Menengah Umum (SMU), Putri sempat mengikuti peruntungan karier di salah satu lembaga pendidikan tinggi di DI Yogyakarta. Baru berjalan satu setengah tahun, Putri 'terpeleset' dari sekolah dengan ikatan dinas ini. Putri yang favoritkan ilmu pasti matematika ini, justru sangat hoby memasak. Al hasil gadis pemilik tinggi badan 167 centimeter ini, banting setir. Dan pindah kuliah ke STP Mataram. Mengambil program studi (prodi) S-1 Pariwisata.

Orang tuanya di Dompu, sempat meragukan kemampuan putrinya. Namun, Putri, berhasil membuktikan kepercayaan dirinya dan mampu membanggakan nama keluarga besarnya. Putri belajar sekuat tenaga dan cita-citanya menjadi yang terbaik dibuktikan dengan mengukir prestasi terbaik di kampusnya. "Perjuangan saya tidak sia-sia. Saya bisa membuktikan ke orang tua saya, bahwa saya bisa memberikan prestasi terbaik," imbuh Putri dengan mata berkaca-kaca.

Berbekal ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama mengenyam pendidikan di STP Mataram, putri sempat mengikuti lomba memasak tingkat nasional. Lomba ini menjadi pengalaman special Putri. Pasalnya, lomba ini digelar di komplek Istana Negara-Jakarta. Dan disaksikan Presiden RI, Joko Widodo. "Dan yang membuat pengalaman ini jadi lebih special karena bapak presiden sempat menyicipi hasil masakan saya. Dan beliau bilang masakan saya enak," kenang Putri, bangga dengan prestasinya.

Kini, Putri menjelma menjadi sosok sarjana yang sujono. Sarjana bidang pariwisata. Pengalaman dan perjalanan selama mengenyam pendidikan di STP Mataram, membuatnya semakin yakin dengan masa depannya di dunia pariwisata. Terlebih, kampung halamannya, membutuhkan figur dengan sumber daya manusia dan kualitas serta pengalaman terbaik.

"Saya jatuh cinta dengan pariwisata. Saya ingin mengabdikan diri saya untuk kampung halaman saya kelak. Saya ingin menimba ilmu dan penhalaman lebih banyak lagi di sini (mataram) sebelum saya kembali ke kampung halaman. Dompu memiliki potensi sumber daya alam, budaya dan obyek wisata yang luar biasa. Saya ingin mengabdikan dan menerapkan ilmu saya di kampung halaman saya kelak," papar pemilik IPK 3,94 ini.

Ketua STP Mataram, Halus Mandala, mengaku bangga dan menyampaikan apresiasinya kepada anak didiknya. Halus Mandala memuji prestasi yang berhasil diraih Putri. Seperti halnya Putri, Halus Mandala juga berharap, setelah lulus dari STP Mataram, anak didiknya dianjurkan kembali ke desa, membangun desanya sendiri dengan bekal ilmu dan pengetahuan yang sudah diperoleh.

"Itulah yang memotivasi semangat kami, melengkapi fasilitas kampus ini dengan fasilitas terbaik. Memberi anak didik kami ilmu terbaik, pengalaman terbaik dan magang di usaha industri terbaik agar menghasilkan lulusan-lulusan terbaik. Salah satunya seperti Putri ini. Kami hanya bisa memberi apresiasi kepada mereka yang punya prestasi. Setelah itu mereka akan kembali menata desa sendiri," pungkas Halus Mandala. (01)