TAUFAN RAHMADI DORONG KEMENTERIAN BENTUK DIRJEN WISATA HALAL

Pengamat sekaligus Ahli Strategi Pariwisata Nasional Taufan Rahmadi, mendorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemenperekraf) untuk segera
TAUFAN RAHMADI : DORONG KEMENTERIAN BENTUK DIRJEN WISATA HALAL
Taufan Rahmadi dalam sebuah agenda di Bandara Internasional di Lombok

JAKARTA, kataberita.net - Pengamat sekaligus Ahli Strategi Pariwisata Nasional Taufan Rahmadi, mendorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemenperekraf) untuk segera mempersiapkan dan membentuk kedeputian khusus untuk menangani wisata halal.

Menurut pria yang berhasil membawa Lombok meraih penghargaan prestisius dunia World Best Halal Tourism Destination ini, negara tetangga seperti Malaysia sudah terlebih dahulu memiliki struktur kedirjenan terkait wisata halal.

“Jadi kalau kita ingin serius ingin membentuk wisata halal, bentuklah kedeputian wisata halal dengan segera yang khusus menggarap wisatawan atau segmentasi wisata halal ini,” tutur Taufan dikutip Jumat, 17 September 2021.

TR, panggilan akrab Taufan Rahmadi juga menyampaikan bahwa sebagai Quick win dari pada pengembangan wisata halal di Indonesia. Pihaknya mendorong adanya tambahan pasal di dalam Undang-undang Kepariwisataan yang khusus membahas tentang wisata halal ini.

“Saya ulangi sekali lagi, penting untuk segera diinisiasi agar tentang wisata halal ini ada di undang-undang kepariwisataan kita,” tegas team leader Tetebatu di ajang Best Tourism Village UNWTO 2021 ini.

Tak lupa TR menekankan bahwa wisata halal bukanlah sebuah Islamisasi atau jilbabisasi dari sebuah destinasi tetapi murni gaya hidup atau halal lifestyle dan yang terpenting menurutnya, wisata halal tidak akan membunuh wisata konvensional yang sudah ada.

“(Layanan) itu tidak hanya terbatas kepada wisatawan muslim ataupun wisatawan nonmuslim saja. Jadi ini bersifat universal, karena sama-sama kita tahu bahwa halal itu esensinya adalah sehat dan bersih,” tandas Taufan. (dum)