WAJAH NATURAL TETEBATU KINI DALAM POLESAN PEDESAAN

suasana pedesaan yang asri, Desa Tetebatu kini menjelma menjadi sebuah kawasan pedesaan dengan wajah yang natural.
WAJAH NATURAL TETEBATU KINI DALAM POLESAN PEDESAAN
Salah sudut alami wajah Tetebatu, setelah dipoles jelang kedatangan assesor UNWTO

TETEBATU, kataberita.com - Wajah desa wisata Tetebatu kian 'kinclong' berkat kerja keras semua perangkat daerah Pemprov NTB. Motivasi Wakil Gubernur NTB, Siti Rohmi Djalilah, berbuah hasil positif. Mempertahankan suasana pedesaan yang asri, Desa Tetebatu kini menjelma menjadi sebuah kawasan pedesaan dengan wajah yang natural.

"Sejak kedatngan Bu Wagub sampai sekrang pemprov NTB terus melakukan pendampingan ke Desa Tetebatu. Terus merampungkan kerja bersama untuk Tetebatu. Kami harap ikhtiar kami aiaj membuahkan hasil positif di ajang the best village UNWTO 2021 mendatang. Kami harap tidak akan mengecewakan semua pihak dengan kerja keras kami," ungkap Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, Kamis (30/9) di Mataram.

Dinas Pariwisata NTB, bekerjasama dengan perangkat daerah lainnya, bahu membahu menata Desa Tetebatu tanpa kenal lelah. Dari berbagai organisasi pemuda dan akademisi juga ikut andil menata kawasan calon pemenang lomba desa wisata dunia ini. Tak heran jika banyak pihak berharap Tetebatu bisa keluar sebagai pemenang.

"Kami hanya bisa ikhtiar sekuat dan semampu kami. Gol-nya adalah kami harus menang. Dan kami yakin, ikhtiar kami akan membuahkan hasil. Tidak saja untuk Tetebatu, kami juga akan menghadapi tantangan dan perjuangan menuju pemulihan pariwisata Lombok-Sumbawa. Event-event internasional akan digelar di NTB. Jika Tetebatu keluar sebagai pemenang, maka itu bonus bagi kami," kata Yusron penuh harap.

Selain penataan kawasan, imbuh Yusron, perangkat-perangkat daerah yang ditugaskan, baik membantu penataan kawasan, penguatan branding, pelatihan-pelatihan maupun dukungan manajerial sudah hampir rampung. Kerja keras ini dilakukan untuk menghadapi ledakan kunjungan wisatawan setelah Tetebatu berhasil menjadi pemenang.

Senada dengan Yusron, Ketua Desa Wisata Tetebatu, Mariani, juga menaruh harapan besar, seluruh perjuangan mereka tidak sia-sia. "Tapi saya yakin, semua tidak ada yang sia-sia. Kita pasti menang. Kita pasti juara. Semua pihak membantu kami menjadikan kawasan jadi lebih baik. Tertata namun tidak meninggalkan khas nya sebagai sebuah kawasan wisata yang asri. Nuansa alami suasana pedesaannya jadi lebih rapi dan tertata,: ungkap Mariani puas.

Ketua STP Mataram, Halus Mandala, mewakili kalangan akademisi, melihat wajah Desa Tetebatu kini terkesan sangat sumringah. Ibarat wajah seorang gadis yang baru selesai facial di salon kecantikan. "Dari sisi wajah sudah kinclong. Kapasitas sumber daya manusianya juga fresh lagi. Semoga perbaikan di semua lini dapat menjadikan Tetebatu lebih siap dan memiliki mental juara sebagai kawasan desa wisata yang layak jadi desa wisata kelas dunia," pungkas Halus Mandala. (01)