FESTIVAL MASBAGIK-VI, CERMIN WISATA BUDAYA LOMBOK TIMUR

Atraksi yang ditampilkan dalam event ini, menjadi cermin hasanah budaya asli kabupaten paling Timur Pulau Seribu Masjid.
FESTIVAL MASBAGIK-VI, CERMIN WISATA BUDAYA LOMBOK TIMUR
Unsur pemerintah dan budayawan yang ikut andil dalam Featival Masbagik-VI

LOMBOK TIMUR, kataberita.net - Festival Masbagik-VI, disebut-sebut sebagai aset wisata budaya Lombok Timur-NTB. Atraksi yang ditampilkan dalam event ini, menjadi cermin hasanah budaya asli kabupaten paling Timur Pulau Seribu Masjid. Terlebih, jelang perhelatan World Superbike (WSBK) dan MotoGP nanti, diharapkan bisa menjadi magnet bagi wisatawan yang datang ke Lombok.

Hasanah budaya khas Lombok Timur, kini terlihat jelas dalam Festival Masbagik-VI. Ragam budaya dan atraksi yang ditampilkan pun, digadang-gadang mampu menjadi daya tarik tersendiri di kalangan wisatawan yang datang ke Lombok-Sumbawa. Itulah secercah harapan banyak kalangan yang hadir dalam event tahunan ini.

"Festival Masbagik ini, menambah hasanah atraksi atau pertunjukan wisata budaya yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Event bernilai budaya ini, bisa menjadi magnet dan secercah harapan, kunjungan wisatawan ke daerah kami," harap Sekretaris Daerah, Sekretariat Kabupaten Lombok Timur, M. Juaini Taofik, usai pembukaan Festival Masbagik VI, belum lama ini.

Rangkaian kegiatan festival budaya Masbagik, sebenarnya sudah dimulai pertengahan Oktober lalu. Dan masih akan berlangsung beberapa hari ke depan. Namun, baru dibuka secara resmi Selasa lalu. Rangkaian acara yang sudah digelar sebelumnya, menggambarkan antusias warga Lombok Timur menikmati kemeriahan event. Masyarakat merasa sedikit terhibur, setelah cukup lama terkungkung masa pandemi. Meski demikian, disiplin protokol kesehatan tetap menjadi perhatian semua pihak.

"Jangan lupa, di tengah hiruk pikuk dan euforia acara ini, pesan saya, tetap disiplin protokol kesehatan. Di berbagai negara, ancaman pandemi covid-19 masih mengintai. Jadi, saya minta tetap waspada," imbuh Taofik menyampaikan pesan Presiden RI, Joko Widodo.

Satu dari sekian banyak perfomance hasanah budaya Lombok Timur

Event tahunan Festival Masbagik-VI dibuka Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPMPD DUKCAPIL) NTB, H. Ashari, mewakili Gubernur NTB yang berhalangan hadir. Festival Masbagik mendapat perhatian dan antusias warga yang hadir menyaksikan. Ashari menyelipkan pesan berharga untuk pembangunan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Lombok Timur.

"Mari, masyarakat, pelaku wisata dan komponen masyarakat lain, bahu membahu bantu pemerintah daerah dalam mendorong kemajuan pariwisata dan ekonomi daerah ini. Salah satunya dengan ikut andil memajukan Desa Wisata yang ada di Lombok Timur.  Bantu bupati membangun Desa Wisata di Lombok Timur dengan sebaik-baiknya,” pinta Ashari penuh harap.

Ashari juga mengingatkan peran strategis Lombok Timur, khususnya Masbagik sebagai kawasan penyangga KEK Mandalika. Letak yang strategis ini akan memberi impact positif jelang perhelatan sejumlah event internasional seperti WSBK dan MotoGP nanti.

Ketua Panitia Festival Maabagik-VI, Mirzoan Ilhamdi, menjelaskan selain Belanjakan, rangkaian kegiatan festival ini diisi dengan seminar budaya, lintas alam, kontes kicau kecial kuning dan kontes band pelajar. (*)