INI BUKTI, RIAK PEMULIHAN PARIWISATA NTB TERUS BERGULIR

Dalam skala lokal NTB, juga digelar pemilihan duta wisata dalam acara bertajuk Mister Tourism Lombok Sumbawa.
INI BUKTI, RIAK PEMULIHAN PARIWISATA NTB TERUS BERGULIR
Kadispar NTB, Yusron Hadi, saat membuka acara pemilihan Mister Tourism NTB.

MATARAM, kataberita.net - Rentetan program menuju program pemulihan pariwisata terus bergulir. Bangkitnya pariwisata Lombok Sumbawa tergambar dari sejumlah event penting, baik berskala lokal, nasional dan internasional. Event HK Endurance Challenge siap digelar 15-17 Oktober nanti, selanjutnya akan disusul event World Superbike (WSBK). Dalam skala lokal NTB, juga digelar pemilihan duta wisata dalam acara bertajuk Mister Tourism Lombok Sumbawa.

Event-event akbar yang siap dihelat di kawasan Mandalika dan sekitarnya, ditangkap sebagai peluang bisnis. Dunia pariwisata akan segera bangkit. Untuk mempercepat proses promosi dan mengembalikan kepercayaan wisatawan, NTB butuh duta wisata yang mumpuni. Inilah maksud dari Dinas Pariwisata NTB mèmandang perlu dibuat Mister Tourism Contest 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) Yusron Hadi, Kamis, (14/10) membuka ajang pemilihan Mister Tourism tingkat provinsi. Dalam ajang tersebut sudah terpilih 27 peserta yang lolos audisi tingkat Kabupaten/Kota se-NTB.

“Tahapan dari tanggal 11 sampai 13 Oktober 2021 adalah pra karantina dan tanggal 14 sampai 15 oktober 2021 karantina, sedangkan malam finalnya tanggal 16 Oktober 2021,”ungkap Kadispar NTB kepada wartawan.

Yusron Hadi mengungkapkan, event ini membuktikan bahwa insan pariwisata di NTB tetap eksis meskipun dalam skala terbatas. Sekaligus, Pemilihan Mister Tourism menambah deretan kegiatan yang turut membantu pulihnya kepariwisataan NTB.

“Event serupa seperti pemilihan Duta Pariwisata tingkat nasional maupun Pemilihan Putri Pariwisata NTB akan berlangsung di NTB juga dalam waktu dekat yang mengambil tempat di destinasi-destinasi wisata.

Kadispar NTB lebih lanjut menerangkan bahwa semua kegiatan tersebut akan terselenggara sebelum World Superbike (WSBK) Mandalika. Begitu pula dengan kegiatan sport tourism dan Festival Budaya Sembalun yang juga akan dilangsungkan sebelum WSBK dari tanggal 25 Oktober sampai 7 November 2021.

Yusron Hadi juga berharap, sederet acara ini dapat menggeliatkan kembali sektor pariwisata NTB dan hotel-hotel yang mati suri akibat pandemi Covid-19. Sehingga mereka bisa kembali beroperasi dan menerima kunjungan wisatawan lokal maupun internasional. "Euforia wisata ini harus diimbangi dengan tetap disiplin menjaga protokol kesehatan. Kita harus selalu waspada ancaman gelombang ketiga covid-19 di NTB," pungkas Yusron Hadi. (*)