PACU MENTAL BERTANDING ATLET, IPF GELAR TURNAMEN PICKLEBALL

Dan menjadi tanggung jawab organisasi, meningkatkan kapasitas mental bertanding atlet dan organisasi.

PACU MENTAL BERTANDING ATLET, IPF GELAR TURNAMEN PICKLEBALL
Atlet partisipan turnamen dan pengurus IPF NTB

MATARAM, kataberita.net - Sebagai cabang olahraga pendatang baru, pickleball harus bisa beradaptasi, dan bersaing secara profesional. Baik di turnamen-turnamen level nasional, regional dan internasional. Dan menjadi tanggung jawab organisasi, meningkatkan kapasitas mental bertanding atlet dan organisasi.

"Untuk mencapai tujuan dan harapan itu, IPF Daerah NTB, sudah mulai melakukan pemanasan turnamen. Turnamen kami gelar 23-25 Oktober lalu, berlabel Turnamen Indonesia Pickleball Federation (IPF) Provinsi NTB bekerja sama dengan Universitas Muhamadyah Mataram," ungkap Ketua IPF NTB, H. Affan Ahmad, di Mataram.

Turnamen perdana IPF NTB, diikuti 40 atlet pickleball berasal dari empat club pickleball di NTB. Ke empat club tersebut antara lain Pickleball Federation Club, Tulip Pickleball Federation Club dan Tunas Muda Pickleball Federation Club. Menurut Affan, turnamen ini bertujuan mendorong semamgat para atlet, lebih terpacu meningkatkan kualitas permainan. "Yang paling penting, turnamen ini bisa membentuk mental bertanding atlet dalam menghadapi persaingan di berbagai level turnamen yang ada. Baik level lokal, regional, nasional maupun internasional," jelas Affan penuh harap.

Rekrutmen atlet pickleball, menyasar generasi muda dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. "Sosialisasi banyak kami lakukan di kampus-kampus, sekolah menengah dan masyarakat umum yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga. Ke depan sangat banyak turnamen berbagai level. Ini menjadi kesempatan generasi muda mengukir prestasi di cabang olahraga terbaru ini," jelas Affan lebih lanjut.

Untuk mendukung kesiapan mental dan fisik atlet pickleball NTB, IPF NTB berencana menggelar turnamen dan eksebisi di tingkat lokal. Momen HUT NTB, Desember mendatang, juga akan dimanfaatkan untuk menggelar berbagai turnamen.

"Di level nasional juga akan ada kejuaraan Pickleball di Surabaya 26-28 Nopember 2021. Ini menjadi kesempatan atlet-atlet berbakat kita mengukir prestasi. Sebagai langkah awal menuju atlet berprestasi, kami akan melakukan pembinaan dan melatih mental kesiapan bertanding mèlalui turnamen-turnamen tingkat lokal," pungkas Affan. (*)