PRODI KOMUNIKASI UNRAM, TINGKATKAN DIGITAL SKILL BAGI POKDARWIS

Salah satu garapan Prodi Komunikasi Unram adalah memberi pelatihan digital skill (kemampuan menggunakan sistem digital) di kalangan kelompok sadar wis
PRODI KOMUNIKASI UNRAM, TINGKATKAN DIGITAL SKILL BAGI POKDARWIS

MATARAM, kataberita.net - Jelang event World Superbike (WSBK) 19-21 Nopember mendatang, hampir semua pegiat pariwisata di desa wisata terus berbenah. Kalangan akademisi ikut ambil bagian mendukung peningkatan kapasitas sumber daya manusianya (SDM). Pogram Studi (Prodi) Komunikasi Universitas Mataram (Unram) salah satunya. Salah satu garapan Prodi Komunikasi Unram adalah memberi pelatihan digital skill (kemampuan menggunakan sistem digital) di kalangan kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan komunitas pelaku pariwisata lainnya.

Menyambut WSBK dan bangkitnya pariwisata NTB, pokdarwis maupun komunitas dituntut makin kreatif dalam membuat konten promosi. Pemanfaatan aplikasi digital misalnya harus diadopsi untuk memudahkan dan meningkatkan efektifitas kerjanya.

Sebagai bentuk komitmennya, Prodi Ilmu Komunikasi Unram, menghadirkan kekhasan bidang pariwisata, Selasa (5/10) dengan menggelar pelatihan pembuatan infografis bidang pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf). Sasarannya kalangan milenials dan penggiat pariwisata di NTB.

Kegiatan dilaksanakan secara daring. Maksudnya untuk memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan mengakomodir berbagai peserta dan penggiat wisata NTB yang berasal dari luar Kota Mataram. Pelatihan ini dilakukan dalam 3 tahap yaitu penjaringan peserta agar tepat sasaran, pelaksanaan dan monitoring serta tahap pendampingan.

Pelatihan dibuka Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unram, Agus Purbathin Hadi, dan dimoderatori oleh Mahasiswa Komunikasi Unram Rizal Ghafar yang juga ketua NET Good People Lombok.

Agus mengatakan, komunikasi khususnya komunikasi digital di bidang pariwisata sudah terbukti menjadi solusi efektif dan efisien dalam mengenalkan NTB. Khususnya Lombok sebagai destinasi utama di Indonesia. " Ilmu Komunikasi Unram, 2 tahun terkahir menjadi prodi favorit, kami bangga sekaligus siap menerima tantangan untuk mengembangkan SDM NTB khususnya bidang komunikasi," kata Agus dalam sambutannya.

Materi pertama disampaikan oleh Dosen Ilmu Komunikasi Unram Siti Chotijah, terkait bahasa visual dan tren konten media sosial. Materi kedua berfokus pada penggunaan aplikasi pembuatan infografis yang menarik oleh Ketua Online Genpi Indonesia, Rachmatulla.

"Bahasa visual sangat penting, khususnya pada bidang pariwisata dan ekraf. Data menunjukkan bahwa bahasa visual 52% lebih efektif khsusunya bagi millenials di media sosial. Inilah dasar kami melaksanakan pelatihan pembuatan infografis agar promosi pariwisata di NTB semakin efektif dan efisien," papar Siti Chotijah, dosen pengampu mata kuliah komunikasi pariwisata Unram ini.

Saat ini, lanjutnya, sudah banyak tersedia aplikasi yang sifatnya mobile dan tidak harus premium dalam membuat infografis. Tampilan visual bagi millenials menjadi unsur utama sebelum masuk pada konten komunikasi itu sendiri. Sedangkan algoritma media sosial hanya memberikan waktu beberapa detik untuk meyakinkan audiens agar membaca detail pesan komunikasi yang disajikan.

Pelatihan ini menggandeng Genpi Lombok Sumbawa, Genpi Indonesia, NET Good People Lombok serta Pokdarwis di NTB sebagai kolaborasi Kampus dengan Komunitas dan NGO.

Pelatihan ini merupakan program pengabdian internal prodi Ilmu Komunilasi Universitas Mataram tahun 2021. Sebagai Universitas terbesar di NTB Unram berkomitmen untuk sebanyak mungkin berinteraksi dengan masyarakat salah satunya melalui program pengabdian masyarakat. (*)