SEDIKIT LAGI, PERSIAPAN SIRKUIT MANDALIKA RAMPUNG

sirkuit Mandalika siap menjadi saksi sejarah perhelatan balap motor bergengsi di Indonesia.
SEDIKIT LAGI, PERSIAPAN SIRKUIT MANDALIKA RAMPUNG
Menparekraf RI, Sandiaga Uno, bersama Gubernur NTB, Zulkieflimansyah jajal Mandalika

LOMBOK TENGAH, kataberita.net - Kesiapan Pertamina Mandalika International Street Circuit, menuju event World Superbike (WSBK) terus ditingkatkan. Sektor-sektor strategis yang menjadi lokasi penting perhelatan event dikebut. Selangkah lagi, sirkuit Mandalika siap menjadi saksi sejarah perhelatan balap motor bergengsi di Indonesia.

Diantara persiapan yang dikebut pengelola sirkuit, ITDC adalah lintasan balap. Persiapan lintasan balap WSBK dan MotoGP ini hampir sempurna. Fokus pembangunan juga dicurahkan ke tribun penonton, pit building, race control, observation deck dan sektor penunjang balapan lainnya.

Lintasan balap, memasuki tahap pengecatan. Bahan pengacatan di import dari Jerman. Teknologi pengecatan juga menggunakan sarana berteknologi tinggi. Pemgecatan dilakukan perusahaan specialist race track, roadgrip asal Inggris. Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Ricky Baheramsjah, dalam keterangan resminya, optimistis sirkuit Mandalika dapat lolos proses homologasi dari FIM.

Pengecatan dilakukan oleh perusahaan spesialis Race Track, yaitu Roadgrip asal Inggris, bersama anak perusahaannya, Roadgrip Motosport Indonesia (RMI).
Pengecetan dilaksanakan tenaga spesialis yang mengerjakan sirkuit-sirkuit dunia, seperti Austin di Texas, Zaandvort di Belanda, dan Yas Marina di Abudhabi.

Pit building dibangun dengan kapasitas 50 garasi, dengan panjang mencapai 350 meter. Dibangun dengan sistem modular. Lantai dasar pit building merupakan lokasi bagi pebalap dan krunya, sementara lantai dua untuk tribune penonton VVIP dan media center. Sektor race control dalam tahap penyelesaian sisi luar bangunan serta instalasi sistem elektronik balapan. Observation deck di area sirkuit juga dalam tahap penyelesaian toilet dan area pengantaran.

Sketsa sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB

Pembangunan tribun penonton, juga dikebut. Saat ini dilakukan pemasangan grand stand (panggung) tersebar. Titik-titik tersebut berdekatan dengan tikungan 15, 16, 17, 1, dan garis finish.

”Dengan semua fasilitas pendukung yang tengah kami persiapkan, WSBK Indonesia 2021 pada November mendatang siap digelar," pungkas Ricky. (tim)