IATC 'PERAWANI' SIRKUIT MANDALIKA, MOTOR BALAPNYA SEPERTI INI

Asia Talent Cup (IATC), menjadi event balap motor pertama, yang akan 'perawani' arena balap Pertamina Mandalika Internastional Street Circuit
IATC 'PERAWANI' SIRKUIT MANDALIKA, MOTOR BALAPNYA SEPERTI INI
Ini jenis dan gaya motor,yang akan 'perawani' sirkuit Mandalika ajang IATC'21

JAKARTA, kataberita.net - Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), menjadi event balap motor pertama, yang akan 'perawani' arena balap Pertamina Mandalika Internastional Street Circuit. Banyak penonton lokal NTB dibuat penasaran dengan jenis sepeda motor yang akan digunakan pembalap. Balap motor IATC siap digelar 12-14 Nopember 2021 mendatang. Berikut penampakan motor balapnya.

Laman resmi Asia Talent Cup, merilis keterangan ke publik pecinta balap motor, bahwa event ini menggunakan satu merek motor. Satu-satunya merek dan jenis motor yang digunakan IATC adalah Honda NSF250R. Total panjang motor ini mencapai 1.809 mm, lebar 560 mm, tinggi 1.037 mm, jarak sumbu roda 1.219 mm, ground clearance 107 mm, dan tinggi jok 729 mm.

NSF250R menggunakan tenaga mesin 4-tak berpendingin cairan, silinder tunggal, dengan bore dan stroke 78,0 x 52,2 mm. Kapasitas mesinnya 249,3 cc, DOHC, dengan rasio kompresi 12.3: 1. Sementara untuk output tenaga dan torsinya tidak diinformasikan. Musim ini Idemitsu Asia Talent Cup diselenggarakan di 3 sirkuit dengan jumlah 8 race. Ketiga sirkuit yang menggelar IATC 2021 yakni Sirkuit Losail Qatar, Sirkuit Twin Ring Motegi Jepang, dan terakhir di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Sebagai tuan rumah, Indonesia juga menurunkan sejumlah andalannya. Pembalap-pembalap Indonesia diharapkan mampu bersaing dengan mental berkompetisi yang baik. Keunggulan pembalap kita karena tampil sebagai tuan rumah. Pembalap Tanah Air yang ikut dalam kompetisi IATC 2021 diantaranya, Dandi Herlian, Aditama Fadillah, Firdaus Herjun, dan Dheyo Azryan.

Para pembalap Indonesia harus bebrsaing ketat jika ingin berada di papan atas Asia. Saat ini, Jepang masih merajai balap motor di kelas ini. Pembalap asal Jepang, Furusato Taiyo, masih menjadi yang terbaik di kelas ini. Tiga posisi teratas klasemen sementara dihuni oleh Furusato Taiyo (Jepang), Sharil Danial (Malaysia), dan Mie Gun (Jepang). Dengan tersisa satu seri balapan lagi, Furusato Taiyo akan mengunci gelar juara umum di balapan ini.

Sebagai informasi, Asia Talent Cup merupakan kompetisi balap motor yang bertujuan mengasah skill para pembalap muda dari penjuru benua Asia, termasuk benua Oseania. IATC 2021 terdiri dari perwakilan delapan negara, yakni Australia, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Qatar, Thailand, dan Turki. (*)