SOROT MATA PENONTON WSBK MEMBIDIK SIRKUIT MANDALIKA

Sorot mata penonton World Superbike (WSBK) masih tertuju ke lintasan bermotif batik ini. Kini, menjadi tugas penyedia jasa tour and travel,
SOROT MATA PENONTON WSBK MEMBIDIK SIRKUIT MANDALIKA
Sirkuit 'batik' Mandalika yang mengundang decak kagum penonton WSBK

MANDALIKA, kataberita.net - Keindahan sirkuit Mandalika, tak pernah habis menuai pujian. Sorot mata penonton World Superbike (WSBK) masih tertuju ke lintasan bermotif batik ini. Kini, menjadi tugas penyedia jasa tour and travel, menjajakan destinasi lain yang tak kalah menarik dari Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit ini.

Penonton World Superbike asal China Kevin Guangzu, yang sempat ditemui sejumlah jurnalis, mengakui keindahan Mandalika sebagai destinasi berkelas di dunia. "Apa ini sebuah keajaiban atau karena saya baru pertama kali melihat? Saya tidak tahu. Yang jelas Mandalika sungguh luar biasa. Sebuah destinasi berkelas dunia," ungkapnya dari tribun penonton kagum, Minggu (21/11).

Indonesia khususnya Lombok, lanjut warga asing asal Negeri Tirai Bambu, China, diberi keindahan luar biasa. Kevin juga mengacungi dua jempolnya untuk penyelenggaraan WSBK di Lombok-NTB. Saya terkejut, tapi saya percaya bahwa Provinsi NTB di Indonesia mampu menyelenggarakan gelaran balapan dunia sekelas WSBK dan MotoGP Maret 2022 mendatang. "Saya pasti datang lagi tahun depan," katanya.

Sebelumnya Kevin tak begitu yakin, Indonesia mampu menggelar olahraga motor sekelas WSBK atau MotoGP. Namun setelah dilihat dari dekat, rasa tidak percaya Kevin berubah menjadi keyakinan yang kuat. "Saya awalnya tidak yakin bahwa Indonesia bisa menggelar event WSBK, tapi ini gila," imbuhnya.

Momen uji lintasan pembalap WSBK di Sirkuit Mandalika

Rekannya, Stefan, memberi sanjungan senada dengan Kevin. Stefan mengaku cukup lama mengenal nama Lombok. Tapi baru kali ini berhasil menginjakkan kakinya di tanah bumi gora, NTB. Keindahan alam di Selatan Pulau Lombok ini membuatnya terus berdecak kagum. "Ternyata Lombok menyimpan keindahan luar biasa," katanya salut.

Menurut Stefan, setelah viral jelang perhelatan WSBK dan MotoGP, banyak mempengaruhi keinginan teman-temannya di Cina datang langsung ke Lombok. Karena kondisi covid-19 membuat mereka tertahan dan tidak bisa keluar bebas bepergian. Negaranya masih sangat ketat dengan prokes covid-19. "Tapi jangan khawatir, beberapa sahabat saya berencana datang ke Lombok pada Maret 2022 nanti (event MotoGP, red)," imbuhnya yakin.

Stefan menyampaikan apresiasinya kepada penyelenggara WSBK yang bekerja keras untuk suksesnya acara ini. Dan dukungan pemerintah Indonesia, khususnya NTB yang telah memberi rasa aman dan nyaman.

Menteri Koperasi dan UMKM melihat dari dekat produk UMKM lokal

Selanjutnya, menjadi tugas asosiasi penyedia jasa tour and travel memperkenalkan destinasi lain di Lombok Sumbawa untuk dikunjungi wisatawan. Ketua Astindo NTB, Sahlan M. Saleh, sudah memulainya. "Ada nilai positif dengan hadirnya Sirkuit Mandalika ini, sekaligus menjadi trigger pemulihan pariwisata Lombok Sumbawa," ujar Sahlan.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, juga menaruh harapan besar bagi pertumbuhan kunjungan wisatawan ke Lombok Sumbawa. "Selain sudah dirasakan dampaknya di kalangan pelaku usaha perhotelan dan kuliner. Ke depan kian memberi impact positif juga untuk UMKM dan destinasi lain di Lombok Sumbawa," pungkas Yusron. (*)