TAMPILAN SIRKUIT MANDALIKA KINI, MAKIN ADUHAI

Tampilan Pertamina Mandalika International Street Circuit kini, makin aduhai
TAMPILAN SIRKUIT MANDALIKA KINI, MAKIN ADUHAI
Sirkuit Mandalika kini, memukau banyak kalangan (foto: istimewa)

LOMBOK TENGAH, kataberita.net - Tampilan Pertamina Mandalika International Street Circuit kini, makin aduhai. Tampilan Sirkuit Mandalika juga bikin legenda pembalap MotoGP dunia melongo. Sirkuit Mandalika bahkan dipuji petinggi tanah air sebagai pusat sport tourism Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, meyakinkan kalangan asosiasi pelaku pariwisata NTB, ke depan pariwisata Lombok Sumbawa akan tumbuh signifikan. Yusron meyakinkan kalangan pelaku industri pariwisata Lombok Sumbawa disela-sela pertemuan dengan pelaku industri di kantor Dinas Pariwisata NTB, Selasa (10/11).

"Sirkuit Mandalika sepenuhnya siap menggelar IATC dan World Superbike jelang akhir tahun ini. Kesiapan sirkuit Mandalika kini, meyakinkan kita dan menjadi pertanda pariwisata Lombok Sumbawa akan bangkit dan tumbuh signifikan," ungkap Yusron yakin.

Memasuki tenggat waktu finishing Sirkuit Mandalika, mata dunia sepenuhnya tertuju kepada sirkuit kebanggaan masyarakat Indoensia ini. Tak terkecuali, legenda pembalap MotoGP, Valentino Rossi. Pemilik motor balap nomer 46 ini, memuji keindahan sirkuit Mandalika dan obyek wisata alam di sekitar siƕkuit.

Pendukung evakuasi pembalap jika terjadi kecelakaan ( foto : istimewa)

Cat lintas balap bermotif batik menambah keindahan lintasan sirkuit ini. Aspal lintasannya didatangkan khusus dari luar negeri dan dikerjakan menurut standar balap internasional. Selain dari sisi fisik lintasan, penerapan kecanggihan teknologi di lintasan ini juga tidak bisa dianggap enteng. Di banyak sudut sirkuit Mandalika sudah dilengkapi kamera canggih guna memantau pembalap di sekitar 17 tikungan yang ada. Banyak fasilitas pendukung lain seperti rumah sakit Internsional, dan sarana evakuasi pembalap dalam waktu singkat dapat menuju ke rumah sakit provinsi daerah dengan fasilitas alat kesehatan setara rumah sakit internasional.

Masyarakat pecinta balap motor MotoGP, dibuat penasaran. Antusias penggemar olahraha balap motor dunia dan busantara mencuat. Kondisi terlihat dari antusias penonton membeli tiket yang disediakan mencapai 25 ribu lembar tiket. "Antusias penonton WSBK dan MotoGP sangat tinggi dari luar Lombok. Permintaan paket tour dan menonton cukup tinggi," ujar pengelola biro jasa perjalanan wisata Miracle, Haris.

Meeting di kantor Dinas Pariwisata NTB hari ini, juga memacu semangat kalangan pelaku industri pariwisata NTB, menyiapkan berbagai agenda dan event pariwisata jelang 2022 nanti. Banyak usulan mengemuka, menciptakan agenda-agenda wisata yang akan 'dijual' ke wisatawan. Terlebih jelang perhelatan MotoGP, Maret 2022 mendatang.

Berbagai side event jelang perhelatan MotoGP dan World Superbike (WSBK) 19-21 Nopember nanti. Diantaranya pameran ekonomi kreatif (ekraf) music festival dan side event lain yang akan menjadi rangkaian menyambut event WSBK '21 dan MotoGP '22. Selain menggelar side event WSBK, pelaku industri paeiwisata NTB juga mulai berbenah, sambut tamu WSBK dan MotoGP.

"Kami mulai berbenah. Bahkan sejak pihak MGPA dan ITDC memastikan event WSBK positif digelar. Semangat pengelola hotel dan restaurant kembali bergairah menata usahanya," ungkap Ketua Persatuan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) NTB, Ni Ketut Wolini. (*)