Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

BANJIR DI SEBAGIAN WILAYAH LOMBOK BARAT, MASIH MENGGENANG

Banjir di sebagian wilayah di Lombok Barat, masih menggenang. Belum terlihat tanda-tanda akan surut.
BANJIR DI SEBAGIAN WILAYAH LOMBOK BARAT, MASIH MENGGENANG
Kondisi banjir di kawasan Dawung memenuhi badan jalan menyusuri kampung hingga Aremanis

MENINTING, kataberita.net - Banjir di sebagian wilayah di Lombok Barat, masih menggenang. Belum terlihat tanda-tanda akan surut. Namun, ketinggian air mulai berkurang, dari sebelumnya setinggi dada orang dewasa, kini tinggal setinggi lutut. Warga terdampak banjir masih berharap bantuan dari kalangan donatur dan dermawan.

Sebagian wilayah di kawasan Meninting, Aremanis, Perempung, Ranjok, Senteluk, Batu Layar dan sekitarnya masih tergenang banjir. Namun, ketinggian air di masing-masing wilayah mulai berkurang. Genangan air cukup tinggi atau mencapai lutut orang dewasa masih terlihat di kawasan Meninting dan sekitarnya. Sebagian di wilayah Ranjok dan kawasan Senteluk.

Pemerintah bersama pihak terkait dan masyarakat setempat masih bahu membahu mengurangi dampak banjir. Banatuan dari dermawan dan donatur juga terus mengalir. Namun, pemerintah diminta lebih jeli memantau kawasan-kawasan terdampak banjir di lokasi-lokasi terisolir. "Kami harap pemerintah mendistribusikan bantuan secara merata di wilayah terdampak banjir. Terlebih di daerah-daerah terisolir," ungkap salah seorang warga di Batu Layar, Safruddin, Selasa, 7 Desember 2021.


Polda NTB menyiapkan akomodasi warga terdampak banjir di pasar seni Jatisela, berupa dapur umum. "Pihak lain mungkin perlu mengikuti jejak Polda NTB, membangun fasilitas serupa di beberapa wilayah yang warganya terdampak banjir. Tentu tidak cukup jika hanya bisa menjangkau wilayah tertentu saja," imbuhnya memberi solusi.

Di beberapa wilayah banjir sudah surut. Warga juga mulai membersihkan rumah mereka yang dipenuhi lumpur. Peralatan dan perabot rumah tangga mereka juga mulai dicuci dan dibersihkan. Berharap bisa digunakan lagi untuk keperluan mereka. Namun, beberpa peralatan elektronik yang tidak sempat diselamatkan rusak, tak berfungsi lagi.


Beberapa kawasan di Lombok Barat, Senin pagi diterjang banjir akibat cuaca buruk. Intensitas hujan cukup tinggi, terjadi Sebin dinihari hingga siang hari. Akibatnya, banjir mengepung sejumlah kawasan di kabupaten Lombok Barat. Banjir paling parah terjadi di perumahan Regency Bhayangkara. Ketinggian air hampir mencapai atap rumah warga. Kondisi ini diperparah dengan tumbangnya sejumlah pohon besar menimpa perumahan-perumahan warga.

Catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, korban meninggal dunia sebanyak 4 orang. 6 diantaranya dinyatakan luka-luka. Puluhan rumah warga juga rusak ringan hingga berat. Warga yang rumahnya tergenang banjir, terpaksa mengungsi. Ratusan warga di beberapa lokasi mengungsi di lokasi-lokasi pengungsian yang disiapkan pemerintah.

"Warga terdampak banjir membutuhkan bahan kebutuhan pokok, selimut dan obat-obatan. Kami harap, besok air sudah surut, dan kami bisa kembali ke rumah," harap warga terdampak banjir, Jayadi. (*)

Posting Komentar

© Kata Berita. All rights reserved. Developed by Jago Desain