Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

BURUAN, MANDALIKA BUTUH RIBUAN PEKERJA UNTUK 'SEGUDANG' EVENT

KEK Mandalika butuh 50 ribu tenaga kerja, untuk dipekerjakan sesuai kebutuhan penataan kawasan ini.
BURUAN, MANDALIKA BUTUH RIBUAN PEKERJA UNTUK 'SEGUDANG' EVENT
Salah satu sudut kawasan Mandalika yang ditata sebagai fasilitas pendukung perhelatan event 2022

MATARAM, kataberita.net - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tengah bergegas menuju 'segudang' event internasional. Untuk mengamankan perhelatan segudang agenda itu, KEK Mandalika butuh 50 ribu tenaga kerja, untuk dipekerjakan sesuai kebutuhan penataan kawasan ini.

Per tanggal 11-13 Februari 2022, Mandalika siap menggelar perhelatan pra musim MotoGP. Bulan Maret, sudah menunggu event Festival Pesona Bau Nyale, kemudian perhelatan MotoGP Round berlangsung 18-20 Maret 2022. Tidak cukup sampai disitu, bulan Agustus event HK Endurance Challenge Mandalika Series menyusul.

Bulan September 2022, kawasan ekonomi khusus ini akan diramaikan kembali oleh event Mandalika Ultra 100, 11-14 November 2022. Event IATC dijadualkan berlangsung 19-21 November 2022. Dan event motor sport, World Superbike (WSBK), akan menanti penggemar olahraga balap motor di bulan yang sama.

Untuk segudang event itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB, memprediksi kawasan destinasi super prioritas ini akan membutuhkan sekitar 50 ribu tenaga kerja. Pekerja diproyeksikan akan berkiprah untuk tenggat waktu 20 tahun ke depan. Ini menjadi peluang bagi pencari kerja di NTB 'berburu' lapangan kerja sesuai keahlian masing-masing.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB, I Gde Putu Aryadi, mengaku dengan luas kawasan KEK Mandalika kini, membutuhkan 50 ribu pekerja. Kebutuhan ini sama artinya empat kali lipat tenaga kerja yang dibutuh Nusa Dua-Bali

Daya tarik event MotoGP dengan puluhan ribuan penonton butuh puluhan ribu tenaga kerja

Proyeksi kebutuhan jangka menengah, tenaga kerja yang dibutuhkan mencapai 21 ribu pekerja. "Ini belum bicara kebutuhan di luar Kawasan Mandalika. Kalau tidak di siapkan dari awal, akan ketinggalan momentum. Jadi, penting untuk kita koordinasikan dengan pihak  ITDC," jelas Putu Aryadi memberi informasi.

Kebutuhan akan tenaga kerja di luar Mandalika, mencapai sekitar 21 ribu tenaga kerja. Hotel dan penginapan di sekitar Mandalika meningkat tajam jelang perhelatan WSBK Nopember lalu. Jangka menengah pembangunan di KEK Mandalika mau tidak mau harus merekrut tenaga kerja baru.

APV Site Operation The Mandalika, I Made Pari Wijaya menyebutkan kebutuhan 21 ribu tenaga kerja itu, jika dirinci antara lain tenaga housekeeping sebesar 17 persen, security dan FB service masing-masing 16 persen, kitchen 15 persen, engineering 10 persen, dan kebutuhan tenaga front office sebanyak 9 persen. (*)

Posting Komentar

© Kata Berita. All rights reserved. Developed by Jago Desain