Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

MANDALIKA, PIJAKAN BANGKITNYA PARIWISATA - EKONOMI NTB

Setelah menyandang predikat destinasi super prioritas, Mandalika, kini menjadi batu pijakan kebangkitan pariwisata NTB fase ketiga.
MANDALIKA, PIJAKAN BANGKITNYA PARIWISATA - EKONOMI NTB
Sekretaris Daerah, Sekretariat Daerah Pemprov NTB, Lalu Gita Ariadi,saat memberi sambutan

MANDALIKA, kataberita.net - Kehadiran Pertamina Mandalika International Street Circuit, mengungkit kembali 'gairah' pariwisata Lombok-Sumbawa. Sirkuit Mandalika juga menjadi pengungkit tumbuhnya ekonomi NTB. Setelah menyandang predikat destinasi super prioritas, Mandalika, kini menjadi batu pijakan kebangkitan pariwisata NTB fase ketiga.

Isu itu menjadi perbincangan penting, agenda International Conference Mandalika, di Kuta-Lombok (1/12). Conference bertajuk Infinity Experiences of Nature and Sport Tourism, ide konfrensi ini untuk menjadikan Lombok sebagai pusat wisata olahraga dan ekonomi kreatif. Mengingat, ke depan sejumlah event olahraga otomotif bertaraf internasional akan di gelar di kawasan ekonomi khusus itu.

"Tahun depan ada event MotoGP dan MXGP, sudah ok. F1 masih negosiasi. Semoga perjuangan membawa kualifikasi F1 ke Mandalika ada kabar baik dalam waktu dekat," kata Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, dalam sebuah kesempatan.

Dalam International Conference Mandalika yang digelar Kemenparekraf RI bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan terungkap, Lombok akan menjadi icon sport tourism dan ekonomi kreatif. Potensi menjadikan Lombok Sumbawa menuju icon itu sangat terbuka. Kemenparekraf, Sandiaga Uno, yakin kehadiran sirkuit Mandalika mampu menjadikan Lombok sebagai icon sport tourism dan ekonomi kreatif.

"Muara dari semua ini adalah, membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar. Secara luas mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi negara. Secara khusus, kehadiran Mandalika bisa menjadi magnet kunjungan wisatawan ke Lombok Sumbawa di tengah pandemi," imbuh Sandiaga.

Sekretaris Daerah, Sekretariat Daerah Pemprov NTB, Lalu Gita Ariadi, melihat kehadiran sirkuit Mandalika sebagai satu fase peningkatan derajat pariwisata dan ekonomi NTB.

"NTB mengalami tiga fase evolusi pariwisata. Fase pertama, fase tradisional. NTB sebagai destinasi liburan dan Honeymoon, fase kedua adalah fase pertumbuhan. NTB menjadi Mice Destination, dan ketiga, fase perkembangan yaitu NTB sebagai Sport Tourism Destination,” jelas Lalu Gita.

Ia menambahkan, bahwa evolusi pariwisata ini terjadi akibat tuntunan dan kondisi pariwisata NTB yang terus berubah secara dinamis mengikuti kondisi sekitar terutama di masa pandemi covid-19 agar dapat bersaing dan memberi kemaanfaatan bagi seluruh masyarakat.

Deputi Bidang Produksi Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf RI, Rizki Handayani mengatakan, sebelumnya NTB dikenal sebagai destinasi sport tourism melalui Gunung Rinjani. Saat ini, Sport Tourism menjadi Sport Event dengan kehadiran Pertamina Mandalika International Street Circuit.

"Ini momentum. NTB harus membuat lompatan besar untuk kemajuan UMKM dan Ekraf. Harapannya, dampak dari perkembangan pariwisata NTB dapat di rasakan semua pihak," pungkas perempuan yang kerap disapa Bu Kiky ini penuh harap.(*)

Posting Komentar

© Kata Berita. All rights reserved. Developed by Jago Desain