Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

MAU RAYAKAN NATAL DAN TAHUN BARU? PENUHI SYARAT PERJALANAN INI

liburan Anda bisa berjalan lancar dan mulus, syarat ini harus Anda penuhi.
MAU RAYAKAN NATAL DAN TAHUN BARU, PENUHI SYARAT PERJALANAN INI
Moda transportasi udara memberlakukan protokol kesehatan sangat disiplin

LOMBOK, kataberita.net - Libur Natal dan Tahun Baru paling ditunggu-tunggu publik dan traveler. Tetapi, tunggu dulu. Munculnya varian baru covid-19, omicron, bisa membuat perjalanan Anda tertunda. Perjalanan liburan Anda bisa berjalan lancar dan mulus, jika syarat ini bisa Anda penuhi.

Bali, masih menjadi primadona libur natal dan tahun baru. Lombok menjadi alternatif kedua setelah Bali. Untuk bisa mencapai Bali atau Lombok saat libur natal dan tahun baru nanti, harus bisa penuhi protokol kesehatan satuan tugas (satgas) Penanganan Covid-19. Aturan perjalanan ke Bali merujuk pada Surat Edaran Nomor 24 Tahun 2021.

"Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan, wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama dan surat keterangan bebas covid-19 menggunakan RT-PCR maksimal 3 hari sebelum keberangkatan," demikian bunyi edaran tersebut.

Anda yang sudah menjalani vaksin dosis kedua, Anda dapat menggunakan alternatif lain agar disetujui untuk bepergian selama masa Natal dan Tahun Baru.

"Atau kartu vaksin (dosis kedua) dan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan," tulis aturan tersebut.

Kemenparekraf RI, Sandiaga Uno, nikmati waktu santai di Gili Trawangan

Syarat perjalanan itu juga berlaku bagi traveler yang melakukan perjalanan jarak jauh. Baik, antar kabupaten atau antar kota di luar pulau Jawa dan Bali. Ketentuan itu berlaku untuk semua moda transportasi udara, laut maupun darat dengan kendaraan pribadi.

Khusus yang satu ini perlu Anda perhatikan, anak usia di bawah 12 tahun atau pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus, kartu vaksin akan dikecualikan sebagai syarat perjalanan. Anda cukup menggantikan kartu vaksin dengan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah.

Syarat perjalanan tersebut tidak berlaku bagi perjalanan rutin yang dilakukan dalam wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek. Pemerintah akan melakukan pengendalian mobilitas masyarakat sejak H-7 sebelum hingga H+7 libur natal dan tahun baru. (*)

Posting Komentar

© Kata Berita. All rights reserved. Developed by Jago Desain